Bahasa Indonesia 10 (K13): Jawaban Pelajaran III

Pelajaran III
Budaya Berpendapat di Forum Ekonomi dan Politik

Kegiatan 1 Pemodelan Teks Eksposisi
Tugas 1 Mengahayati Pesan Puisi “Seonggok Jagung”

SEONGGOK JAGUNG
Karya W.S. Rendra
Seonggok jagung di kamar, takkan menolong seorang pemuda yang pandangan hidupnya hanya berasal dari buku, dan tidak dari kehidupan…
Yang tidak terlatih dalam metode, dan hanya penuh hafalan kesimpulan, yang hanya terlatih sebagai pemakai, tetapi kurang latihan bebas berkarya,
Pendidikan telah memisahkannya dari kehidupannya!

Aku bertanya Apakah gunanya pendidikan, bila hanya akan membuat seseorang menjadi asing di tengah kenyataan persoalannya?
Apakah gunanya pendidikan bila hanya mendorong seseorang menjadi layang-layang di ibu kota, menjadi sekrup-sekrup di Schlumberger, Freeport, dan sebagainya, kikuk pulang ke daerahnya?
Apakah gunanya seseorang belajar teknik, kedokteran, filsafat, sastra, atau apa saja, ketika ia pulang ke rumahnya, lalu berkata:
“Di sini aku merasa asing dan sepi!!”

(1.)  Puisi karya W.S. Rendra di atas menggambarkan seorang pemuda yang hanya tinggal berdiam; terkungkung di dalam rumah sehingga ia tidak hidup bebas bergerak dan berekspresi di luar rumah. Setelah membaca puisi tersebut, bandingkan isinya dengan kesempatan kalian untuk berpendapat dalam kehidupan sehari-hari!
Jawab: Kebebasan berpendapat kami terbuka lebar, namun ada kalanya kebebasan berpendapat itu hanya di dalam pikiran belaka dan tidak dapat dikeluarkan dari mulut karena faktor internal maupun eksternal.

(2.)  Bagaimanakah kesempatan kalian untuk berpendapat di rumah?
Jawab: Kebebasan berpendapat kami juga terbuka lebar di rumah sendiri.

(3.)  Bagaimanakah kesempatan kalian untuk berpendapat di masyarakat?
Jawab: Kebebasan kami untuk berpendapat di masyarakat kadang hanya di pandang sebelah mata, karena kami kadang kala di anggap masih terlalu muda untuk mengemukakan pendapat.

(4.)  Setujukah kalian bahwa pendidikan sekolah yang sekarang diselenggarakan di negara tercinta ini secara terus-menerus sedang mengembangkan kesempatan untuk berpendapat bagi siswa?
Jawab: Kami setuju, namun sistem kurikulum 2013 kali ini cukup membuat siswa bingung. Jadi dimohon kepada pendidik maupun pemerintah, jangan salahkan kami apabila nilai kami rendah atau kurang memuaskan, tapi pikirkan juga sistem kurikulum 2013 dimana kurikulum ini cukup berat dipikul siswa saat ini. Sistem 2013 kali ini sungguh berbeda jauh dari sistem KTSP 2006.

(5.)  Sebagai siswa, apakah kalian merasa bebas atau tidak untuk berpendapat di sekolah?
Jawab: Untuk di sekolah biasanya memang bebas mengemukakan pendapat, namun ada biasanya ada beberapa masalah eksternal. Sehingga siswa tidak jadi mengemukakan pendapat tersebut.

(6.)  Dengan cara apakah biasanya kalian mengajukan pendapat di sekolah? Siapa yang biasanya mendengarkan pendapat kalian di sekolah?
Jawab: Mengemukakan pendapat di sekolah biasanya dengan cara berbicara langsung, baik itu dengan guru dan teman sebaya.

(7.)  Saat mengikuti pelajaran di kelas, kapan kalian diberi kesempatan untuk berpendapat?
Jawab: Kami diberi kesempatan saat guru memberikan kewenangan untuk berpendapat, tapi ada beberapa guru yang tidak memerdulikan hal itu.

(8.)  Apakah pendapat kalian sering disetujui atau ditolak? Tahukah kalian mengapa disetujui atau ditolak?
Jawab: Pendapat kami ada yang disetujui maupun ditolak. Disetujui apabila pendapat itu masuk akal dan dapat dilaksanakan. Ditolak apabila tidak masuk akal dan tidak dapat dilaksanakan.


Tugas 2 Membaca Teks Eksposisi tentang Ekonomi Indonesia

Bacalah teks yang berjudul “Ekonomi Indonesia akan Melampaui Jerman dan Inggris” berikut ini. Sebelum membaca, jawablah terlebih dahulu pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Setelah membaca, kerjakan tugas-tugasnya!
(1)    Menurut kalian, negara manakah yang memiliki ekonomi yang paling bagus di dunia dan negara manakah yang memiliki ekonomi yang paling buruk?
Jawab: Menurut kami negara dengan sistem ekonomi yang bagus seperti Jepang, Amerika Serikat, Korea Selatan, Singapura, dan Inggris. Negara dengan sistem ekonomi yang buruk seperti Timor Leste, Afrika Selatan, dan Papua Nugini.

(2)     Apabila dibandingkan dengan negara lain, ekonomi Indonesia berada pada urutan ke berapa?
Jawab: Indonesia berada di urutan 33 (sumber: id.berita.yahoo.com).

(3)    Mungkinkah Indonesia memiliki ekonomi yang setara dengan ekonomi negara-negara maju?
Jawab: Indonesia bisa saja memiliki sistem ekonomi yang setara dengan ekonomi negara-negara maju apabila negara kita ini berusaha untuk lebih baik lagi memperbaiki kondisi perekonomian negara kita!
(4)    Syarat-syarat apakah yang harus dipenuhi agar ekonomi Indonesia menjadi setara dengan ekonomi negara-negara maju?
Jawab: Syarat yang perlu dipenuhi diantara lain adalah tidak melakukan korupsi.

(5)    Apakah yang ditempuh oleh pemerintah agar syarat-syarat itu terpenuhi?
Jawab: Cara yang dapat dilakukan adalah melaksanakannya.

(6)    Apakah yang seharusnya ditempuh oleh setiap warga agar ekonomi Indonesia maju?
Jawab: Melakukan produksi produk dalam negeri yang mana nantinya di ekspor ke luar negeri.

(7)    Apakah yang seharusnya dilakukan oleh sekolah agar ekonomi Indonesia maju?
Jawab: Sekolah dapat menyalurkan bakat-bakat kreasi seni siswa dan di pamerkan ke masyarakat. Kemudian apabila kreasi seni itu bagus dan dapat diterima masyarakat, maka bisa di produksi lagi dan menghasilkan penghasilan.

(8)    Apakah yang dapat kalian lakukan agar ekonomi Indonesia maju?
Jawab: Yang dapat dilakukan agar ekonomi Indonesia maju dengan cara mengembangkan produk dalam negeri dengan memperkenalkan produk tersebut ke mata dunia dengan generasi penerus bangsa yang lebih kreatif. Maka dari itu pelajar masa kini haruslah memiliki tingkat kekreatifitasan dan kepandaian yang baik.

(1.)  Teks itu ditulis oleh Junanto Herdiawan, seorang ekonom dan pegiat ilmu filsafat. Dapatkah kalian menyusun struktur teks itu ke dalam pernyataan pendapat (tesis)^argumentasi^penegasan ulang pendapat?
Bandingkan jawaban kalian dengan struktur teks berikut ini. Perhatikan bagian-bagian yang dicetak tebal. Tahukah kalian bahwa bagian-bagian yang dicetak tebal itu menunjukkan apa? Kalian dapat menjawab pertanyaan itu dengan menghubungkan penjelasan kalian dengan struktur teks tersebut.

(2.)  Setujukah kalian dengan pendapat penulis teks bahwa pada masa yang akan datang ekonomi Indonesia lebih bagus daripada ekonomi Jerman dan Inggris?
Saya setuju karena  Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class. Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ke arah tersebut. Saat ini ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 miliar dolar AS tahun 2011.
Saya tidak setuju karena akankah mungkin 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class tersebut memanfaatkan besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang sedang dihadapi ini. Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam aksi dan momentum yang baik dilewatkan begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain. Prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan.
(3.)   Dengan membandingkan pernyataan pendapat pada paragraf 1 dan penegasan ulang pendapat pada paragraf 8--9, betulkah keduanya mengandung makna yang sama? Jelaskan lebih lanjut!
Jawab: Ya, karena keduanya mengacu pada pendapat yang mengatakan bahwa Indonesia yang akan melampaui Jerman dan Inggris jika Indonesia memanfaatkan potensi yang ada dengan baik.

(4.)  Berapakah jumlah argumentasi yang disampaikan oleh penulis teks? Berapakah argumentasi yang seharusnya ada dalam eksposisi? Apa yang menentukan hal itu?
Jawab:  Terdapat 5 pada teks tersebut.
(5.)  Pendapat penulis teks itu dinyatakan sebagai berikut Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standard Chartered yang mengatakan bahwa ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.
(6.)  Tulislah kembali pendapat itu dengan kalimat kalian sendiri!
Jawab: Penelitian menurut McKinsey dan Standard Chartered mengatakan bahwa ekonomi Indonesia akan melebihi Jerman dan Inggris sekitar tahun 2030.

(7.)  Pernyataan ulang pendapat penulis dinyatakan secara tidak langsung sebagai berikut: ... Jawab: besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang sedang kita lalui saat ini. Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam aksi dan momentum yang baik dilewatkan begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan.
Tulislah kembali pernyataan itu dengan kalimat kalian sendiri!
Jawab: Indonesia tengah berada pada momentum yang pas dan sayangnya kebanyakan para investor begitu asyik dengan urusan lain. Kemungkinan besar prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan.
(8.)  Apakah argumentasi yang diajukan oleh penulis teks disusun menurut urutan pentingnya? Jika tidak, urutkanlah dengan menggunakan penanda argumentasi Yang terpenting adalah ... ...; Yang berikutnya adalah ... ...; Selanjutnya, ... ...; dan sejenisnya.
Jawab: Yang terpenting adalah Indonesia diperkiran memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class. Berikutnya adalah Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ke arah tersebut. Saat ini ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 miliar dolar AS tahun 2011. Selanjutnya kekuatan terbesar ekonomi tidak hanya berupa ekspor yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas, tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional.

(9.)  Mengapa ekonomi Indonesia harus dibandingkan dengan ekonomi negara-negara lain? Apakah hal itu digunakan untuk membangun argumentasi?
Jawab: Ya, pembandingan ini berfungsi sebagai sumber informasi antara negara kita Indonesia dengan negara lain. Selain itu berfungsi juga sebagai patokan apakah negara kita mampu bersaing dengan negara lain.

(10.)                      Apa risikonya apabila perkiraan penulis teks bahwa ekonomi Indonesia akan lebih baik daripada ekonomi negara-negara maju tidak terbukti?
Jawab: Dapat dimaklumi karena kita sebagai manusia kadang kala memiliki kesalahan.

Tugas 3 Membedah Struktur Teks Eksposisi
(1.)  Bacalah teks “Ekonomi Indonesia yang akan Melampaui Jerman dan Inggris” tersebut sekali lagi. Susunlah kembali teks itu dengan mengatakan pokok-pokoknya saja. Untuk mengerjakan itu, kalian hanya melengkapi kotak-kotak yang kosong pada diagram di bawah ini.
Tahukah kalian bahwa kotak-kotak yang kosong itu berisi argumentasi yang mendukung pendapat bahwa ekonomi Indonesia berpotensi melampaui ekonomi Jerman dan Inggris?
               

KEUNGGULAN EKONOMI INDONESIA PADA TAHUN 2030 Pada tahun 2030 ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris. Banyak ilmuwan menyetujui pendapat tersebut. Argumentasi yang dikemukakan bervariasi yang secara ringkas dapat dikemukakan sebagai berikut.

           Pertama,  Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standard Chartered yang mengatakan bahwa ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.
           Kedua,  Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class. Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 miliar dolar AS tahun 2011.

           Ketiga, Saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada pada kisaran 5 persen hingga 6 persen, apabila dapat terus dipertahankan, akan menambah jumlah masyarakat kelas menengah hingga 90 juta orang dengan pendapatan per kapita lebih dari 3600 dolar AS.

           Keempat, besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang sedang kita lalui saat ini. Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam aksi dan momentum yang baik dilewatkan begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan.
           Berdasarkan argumentasi itu, kita mempunyai keyakinan bahwa ekonomi Indonesia pada tahun 2030 akan lebih bagus daripada ekonomi sejumlah negara maju. Keyakinan itu disepakati oleh para ilmuwan.

(2.)  Diagram yang sudah kalian lengkapi pada nomor (1) di atas dapat kalian gunakan sebagai pedoman untuk menyusun teks baru dengan isi yang sama.
Untuk memudahkan kalian, di bawah ini tahap pernyataan pendapat dan penegasan ulang pendapat sudah dibuat. Kalian hanya meneruskannya dengan memformulasikan argumentasi-argumentasi yang diajukan oleh penulis teks yang diawali oleh penanda wacana Pertama, ..., Kedua, ..., Ketiga, ... ..., dan Keempat, ... ... Kalian juga boleh membuat judul baru seperti contoh berikut ini.
 Jawab: Sama seperti no 1.
(3.)  Teks eksposisi yang kalian hasilkan itu dapat kalian ringkas lagi menjadi satu kalimat. Untuk itu, lanjutkan permulaan kalimat ini.
Jawab: Ekonomi Indonesia akan lebih bagus daripada ekonomi negara-negara maju karena Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class dan  Indonesia tidak hanya memiliki potensi berupa ekspor yang didukung oleh kekuatan kerja tenaga kerja dan komoditas, tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional.

(4.)  Bandingkan pekerjaan kalian dengan pekerjaan teman-teman kalian. Kalimat-kalimat kalian boleh berbeda asalkan mengandung isi yang sama.


Tugas 4 Memahami Teks tentang Manfaat Ekonomis Jamu Tradisional

Bacalah teks dengan judul “Manfaat Jamu Tradisional” berikut ini. Lalu kerjakan tugas-tugas sesuai dengan petunjuk yang diberikan!
(1.)  Kalian sudah mengetahui bahwa pada tahap awal eksposisi ditandai oleh pernyataan pendapat. Pada teks di atas, paragraf 1 bukan merupakan tahap pernyataan pendapat, melainkan semacam pandangan awal untuk memosisikan jamu tradisional di peta kemajuan teknologi.
Lalu, berada di manakah tahap pernyataan pendapat? Betulkah tahap itu diletakkan pada butir 2? Formulasikan pernyataan pendapat itu dengan kalimat kalian sendiri dengan melanjutkan kalimat yang belum selesai ini!
Jawab: Jamu masih mendapat tempat di hati masyarakat dan masih menjadi obat tradisional yang dipercayai oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini, karena jamu tidak memiliki efek samping seperti obat-obat yang beredar di pasaran serta harga jamu lebih terjangkau. Selain aman dan berasal dari bahan-bahan alami, jamu juga mempunyai banyak manfaat dalam bidang farmakologi.
               
(2.)  Tahap argumentasi diletakkan pada paragraf 3. Terdapat 4 argumentasi yang disampaikan oleh penulis mengenai kepercayaan bahwa jamu tradisional masih mengungguli obat-obatan modern. Tulis ulang keempat argumentasi itu dengan kalimat kalian sendiri!
(a)     Jamu merupakan obat tradisional apabila digunakan dengan indikasi yang tepat.
(b)    Memiliki efek komplementer.
(c)     Berasal dari bahan tanaman yang mudah didapat, murah, dan memiliki banyak manfaat farmakologi.
(d)   Obat tradisional sesuai untuk penyakit metabolik seperti:  diabetes, kolesterol, batu ginjal, dan hepatitis (metabolik) dan penyakit degeneratif seperti: rematik, asma, tukak lambung, ambeien, dan pikun.

(3.)  Terletak pada paragraf berapakah tahap penegasan ulang pendapat? Jawaban kalian betul apabila tahap itu diletakkan pada paragraf keempat. Nyatakan kembali dengan kalimat kalian sendiri. Buatlah kalimat kalian sejajar dengan isi pada tahap pernyataan pendapat dengan meneruskan kalimat yang belum selesai ini.
Jawab: Berdasarkan argumentasi itu, betul bahwa jamu adalah obat yang mudah didapat, murah, memiliki banyak manfaat, berasal dari bahan-bahan alami, tidak memiliki efek samping, serta cocok digunakan sebagai pengobatan segala usia.
(4.)   Setelah kalian mencermati teks “Ekonomi Indonesia akan Melampaui Jerman dan Inggris” dan “Manfaat Jamu Tradisional”, setujukah kalian bahwa teks eksposisi adalah teks yang digunakan untuk mengajukan pendapat pribadi?
Jawab: Setuju, akan tetapi perlu kita sadari bahwa pendapat itu akan diterima oleh orang lain atau tidak sangat bergantung pada kuat atau tidaknya dan logis tidaknya argumentasi yang diberikan.


Kegiatan 2 Kerja Sama Membangun Teks Eksposisi

Tugas 1 Memahami Teks Eksposisi tentang Politik Bahasa Asean

(1)    Teks yang telah kalian baca di atas berisi pandangan politik dari penulis teks mengenai kebijakan bahasa Komunitas Asean. Betulkah teks itu dimaksudkan untuk mengusulkan kebijakan bahasa Asean seperti halnya kebijakan bahasa Uni Eropa?
Jawab: Iya teks itu dimaksudkan untuk mengusulkan kebijakan bahasa Asean seperti halnya kebijakan bahasa Uni Eropa.

(2)     Teks tersebut memiliki struktur teks yang sama seperti teks eksposisi pada umumnya, tetapi pada tahap argumentasi terdapat penjelas-penjelas yang berfungsi untuk memperkuat argumentasi yang dimaksud.
Model CEFR dengan enam peringkat kompetensi
Kebijakan bahasa yang multi-guna
Kebijakan language passport
Bahasa Eropa dalam satu model kompetensi
Kegunaan praktis bagi rakyat ASEAN


(3)    Gagasan utama penulis yang dinyatakan dalam bentuk pernyataan pendapat dipertahankan dengan argumentasi yang diyakini kebenarannya melalui pengungkapan fakta-fakta sebagai penjelasan argumentasi penulis.
Pada paragraf berapakah gagasan utama itu disampaikan? Menurut kalian, apakah argumentasi yang diberikan oleh penulis itu kuat dan logis?
                Jawab: Gagasan utama terletak pada paragraf pertama kalimat kedua.
(4)    Realisasi internasionalisasi bahasa Indonesia menjadi bahasa Asean belum tampak nyata. Ketika gagasan komunitas Asean 2015 terwujud dengan bahasa, visi identitas Asean dapat terjawab, yaitu bersatu dalam keberagaman. Keberagaman bahasa sebuah komunitas biasa disebut dengan istilah masyarakat multilingual. Sementara itu, keberagaman bahasa yang dikuasai oleh individu sebagai warga komunitas disebut sebagai kondisi plurilingual.

Tugas 2 Menemukan Unsur Kebahasaan dalam Teks Eksposisi

(1.) Teks eksposisi tersebut dapat dikatakan sebagai teks ilmiah. Dalam teks tersebut terkandung pronomina atau kata ganti saya dan kita. Bolehkah pronomina seperti itu digunakan dalam teks ilmiah?
Jawab: Iya, karena dalam teks tersebut ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan singkat, padat, dan akurat.

(2.)  Kata-kata leksikal (nomina, verba, adjektiva, dan adverbia) tertentu dimanfaatkan pada teks eksposisi. Kata-kata leksikal seperti apa yang dimaksud?
Jawab: Leksial adalah makna kata berdasarkan kata dalam kamus atau leksikon (makna kata berdefinisi). Seperti kata makan

(3.) Untuk memperkuat argumentasi, kata hubung atau konjungsi dapat dimanfaatkan. Dalam konteks pengajuan pendapat tentang kebijakan bahasa Asean itu, penulis menghubungkan argumentasi dengan kata hubung pada kenyataannya, kemudian, dan lebih lanjut.
Jawab: Lebih lanjut, keanekaragaman bahasa Eropa dikelola dalam satu model kompetensi berbahasa Eropa.

(4.) Betulkah eksposisi itu merupakan argumentasi satu sisi?
Jawab:  Pada teks itu penulis mengambil sisi setuju. Ia setuju akan dijadikannya bahasa Indonesia sebagai bahasa Asean. Penulis lain dapat berposisi tidak setuju.

Masalah itu akan dibicarakan lebih jauh pada tugas 3 dan 4 berikut ini. Sebelum masuk ke arah itu, dapatkah kalian menuangkan gagasan yang berpihak pada sisi tidak setuju tentang akan dijadikannya bahasa Indonesia sebagai bahasa Asean?
               

Tugas 3 Membaca Dualisme Argumentasi dalam Teks Eksposisi
Bacalah teks yang berjudul “Untung Rugi Perdagangan Bebas” berikut ini. Setelah itu, kerjakan tugas-tugasnya!
(1)      Berdasarkan isi teks itu, tentukanlah apakah pernyataan-pernyataan berikut ini benar (B), salah (S), atau tidak terbukti benar salahnya (TT) dengan membubuhkan tanda centang (√) pada pilihan kalian. Untuk menentukan jawaban, kalian tidak perlu berpedoman pada pengetahuan umum atau pengetahuan yang telah kalian miliki, tetapi kalian tetap bisa berpedoman pada informasi yang diberikan dalam teks tersebut.

No
Pernyataan
B
S
TT
1.
Politik perdagangan Indonesia sangat liberal.


2.
Negara Cina sangat protektif.


3.
Inggris adalah pengekspor anggur.


4.
Portugal adalah pengimpor produk pakaian.


5.
Kinerja ekspor Indonesia makin kuat.


6.
Setiap negara memiliki produk unggulan.


7.
Perdagangan bebas tidak cocok untuk negara berkembang.


8.
Indonesia tidak ingin menerapkan politik antidumping.


9.
Politik antidumping berhasil diterapkan di Eropa.


10.
Perdagangan antarnegara dibatasi untuk menghemat sumber daya.



(2)       Teks tersebut bukan merupakan teks eksposisi yang ideal dalam hal dualisme argumentasi yang disampaikan. Dualisme itu dapat dilihat dari judulnya “Untung Rugi Perdagangan Bebas” dan konjungsi di sisi lain (paragraf 5), yaitu sisi keuntungan dan sisi kerugian.
(3)      Pada tugas 2 nomor (4) telah dinyatakan bahwa eksposisi adalah argumentasi satu sisi. Selain dari judulnya dan konjungsi yang ditunjukkan pada soal nomor (1) itu, tunjukkan bukti-bukti lain bahwa teks di atas mengandung dua sisi argumentasi.
Jawab:
a.        Perdagangan bebas yang diusung oleh sebuah negara dipastikan dapat menguntungkan atau  merugikan negara yang bersangkutan.
b.      Di sisi lain, gerakan proteksionisme tetap menentang teori pasar bebas.

(4)      Jelaskan prinsip manakah yang dianut Indonesia. Setuju atau tidak setujukah kalian dengan perdagangan bebas?
Jawab: Ya Indonesia menganut sistem ekonomi perdagangan bebas.
Tugas 4 Mengeksplorasi Isi Teks "Untung Rugi Perdagangan Bebas"
Kerjakan tugas berikut ini sesuai dengan petunjuk!
(1.)  Untuk mengeksplorasi lebih jauh teks “Untung Rugi Perdagangan Bebas” tersebut, buatlah dua kelompok diskusi untuk membahas isinya. Kelompok yang pertama adalah kelompok yang setuju dengan perdagangan bebas dan kelompok yang kedua adalah kelompok yang tidak setuju dengan perdagangan bebas.
Identifikasilah kecenderungan yang mendukung sisi ekonom, politisi, dan buruh/pekerja?Buatlah argumentasi untuk tiap-tiap kelompok itu!
Ekonom:
Jawab: Setuju, apabila sistem ekonomi dijalankan sesuai prosedur maka tingkat pendapatan seseorang atau negara akan mendapat pemasukan tersendiri, dengan cara yang baik, dan membawa dampak positif bagi seseorang atau negara. Tidak setuju apabila  sistem ekonomi tersebut dilakukan dengan cara yang tidak baik dan membawa dampak negatif bagi seseorang atau negara.
Politisi:
Jawab: Setuju, jika sistem politisi tersebut dapat melaksanakan amanah rakyat dan tidak menyimpang dari amanah tersebut. Tidak setuju apabila amanah rakyat tersebut disalahgunakan hanya untuk mendapat jabatan saja.
Buruh/pekerja:
Jawab:  Setuju, apabila dapat menyejahterakan para buruh dan tidak melanggar HAM. Tidak setuju apabila melanggar HAM.

(2.)  Berdasarkan dua kelompok argumentasi itu, buatlah dua teks eksposisi. Kelompok yang pertama condong ke sisi setuju dan kelompok kedua condong ke sisi tidak setuju. Ingat bahwa diterima atau tidaknya pendapat setiap kelompok bergantung pada kuat atau tidaknya argumentasi yang disampaikan. Ikutilah formulasi berikut ini!

Pernyataan pendapat
 Menurut prinsip-prinsip demokrasi, perdagangan bebas perlu dilaksanakan untuk meningkatkan perekonomian dunia. Perdagangan bebas sangat menguntungkan dari berbagai aspek.
Argumentasi dari aspek ekonomi Indonesia digerakkan oleh utang luar negeri yang angkanya terus naik, pertumbuhan ekonomi didorong oleh peningkatan konsumsi masyarakat yang bersumber dari naiknya harga sandang dan pangan, serta ditopang dari pertumbuhan kredit khususnya kredit konsumsi, dan pertumbuhan ekonomi didorong ekspor bahan mentah.
Penegasan Ulang Pendapat
Jelaslah bahwa Indonesia memiliki tingkat perekonomian yang bergantung pada bahan mentah dan tingkat peningkatan konsumsi masyarakat.

Pernyataan pendapat
 Untuk mendorong pertumbuhan produksi dalam negeri, perdagangan bebas tidak perlu dilaksanakan. Perdagangan bebas sangat merugikan dari berbagai aspek.
Argumentasi
Dari aspek ekonomi Indonesia digerakkan oleh utang luar negeri yang angkanya terus naik, pertumbuhan ekonomi didorong oleh peningkatan konsumsi masyarakat yang bersumber dari naiknya harga sandang dan pangan, serta ditopang dari pertumbuhan kredit khususnya kredit konsumsi, dan pertumbuhan ekonomi didorong ekspor bahan mentah.

Penegasan Ulang Pendapat
 Jelaslah bahwa perekonomian Indonesia digerakkan oleh utang luar negeri yang berarti Indonesia bergantung dengan negara lain. Selain itu pertumbuhan ekonomi di Indonesia juga bergantung pada tingkat konsumsi masyarakat, kredit konsumsi, dan ekspor bahan mentah.


Tugas 5 Mengurutkan Paragraf dalam Teks Eksposisi
Kalian sudah mengetahui bahwa teks eksposisi digunakan untuk mengajukan pendapat atau mengusulkan sesuatu. Pada tugas ini, kalian akan membangun teks eksposisi dengan tujuan tersebut. Untuk itu, ikutilah petunjuk yang diberikan pada setiap nomor!

(1.) Teks yang berjudul “Pemimpin Sosial dan Politik Tidak Harus Mempunyai Pendidikan Formal yang Tinggi”. Paragraf-paragraf pada teks tersebut sengaja dibalik-balik dan kalian diminta untuk mengurutkannya. Sebelum melakukannya, bacalah terlebih dahulu teks tersebut dengan saksama. Ingatlah kembali bahwa struktur teks eksposisi adalah pernyataan pendapat (tesis)^argumentasi^pernyataan ulang pendapat.
Jawab:
4-1-2-3
Sekadar menyebut contoh orang terkemuka atau pemimpin sosial dan politik, kita dapat menunjuk beberapa nama. Almarhum Adam Malik, konon ia hanya menyelesaikan jenjang pendidikan dasar tertentu, diangkat menjadi Wakil Presiden Indonesia bukan karena pendidikan formalnya, melainkan karena kapasitas yang ia dapatkan dari belajar secara otodidak. Almarhum Hamka adalah contoh pemimpin lain yang lahir dari caranya belajar sendiri. Ia juga menjadi pemimpin agama dan sastrawan terkenal sekaligus karena pengalaman belajar pribadinya, bukan karena pendidikan formalnya yang tinggi. Bahkan, Einstein tidak mempunyai reputasi pendidikan formal yang bagus, tetapi melalui usahanya untuk belajar dan melakukan penelitian sendiri di masyarakat, ia terbukti menjadi ahli fisika yang sangat termasyhur di dunia.
Betul bahwa pendidikan formal memberikan banyak manfaat kepada para calon pemimpin atau calon orang terkemuka, tetapi pelajaran yang mereka peroleh dari pendidikan formal tidak selalu dapat diterapkan di masyarakat tempat mereka menjadi pemimpin atau menjadi orang terkenal di kemudian hari. Kenyataan bahwa di sekolah dan di perguruan tinggi, orang hanya “mempelajari” teori, sedangkan di masyarakat, orang betul-betul belajar untuk hidup melalui beraneka ragam pengalaman. Pengalaman semacam inilah yang menghasilkan orang-orang terkemuka, termasuk pemimpin sosial dan politik. Orang-orang terkemuka dan pemimpin-pemimpin itu lahir dari hal-hal yang mereka pelajari di masyarakat.
Sudah diketahui oleh semua orang bahwa pendidikan formal itu penting. Akan tetapi, apakah seseorang akan menjadi pemimpin sosial atau pemimpin politik yang bagus pada kemudian hari tidak selalu ditentukan oleh pendidikan formalnya. Diyakini bahwa pengalaman juga menjadi faktor penentu untuk menuju kesuksesan.
Dengan demikian, jelaslah bahwa melalui pendidikan formal orang hanya mempelajari cara belajar, bukan cara menjalani hidup. Meskipun pendidikan formal diperlukan, pendidikan formal bukan satu-satunya jalan yang dapat ditempuh oleh setiap orang untuk menuju ke puncak kesuksesannya.

(2.) Setelah kalian memahami isi teks tersebut, tentukan urutan yang terbaik dengan memilih (a), (b), (c), (d), atau (e) di bawah ini.
a)      1-2-3-4
b)      2-1-3-4
c)       3-1-2-4
d)      4-1-2-3
e)      2-1-4-3
(3.) Tulis ulanglah urutan paragraf-paragraf tersebut sehingga kalian mendapatkan teks eksposisi yang bagus.
Jawab: Sama seperti no 1

(4.) Bacalah paragraf 4 itu sekali lagi. Paragraf itu berisi argumentasi. Jelaskan fungsi juga pada kalimat Ia juga menjadi pemimpin agama dan sastrawan terkenal sekaligus karena pengalaman belajar pribadinya, ... dan bahkan pada kalimat Bahkan, Einstein tidak mempunyai reputasi pendidikan formal yang bagus, ...!
Jawab: Kata ‘Juga’ dan ‘bahkan’  berfungsi sebagai kata penyambung dan penegas kalimat.

(5.) Bacalah juga paragraf 3 itu sekali lagi. Jelaskan fungsi dengan demikian pada kalimat Dengan demikian, jelaslah bahwa melalui pendidikan formal orang hanya mempelajari cara belajar, bukan cara menjalani hidup.
Jawab: Dengan demikian berfungsi sebagai penarik kesimpulan sebuah kalimat.

Kegiatan 3 Kerja Mandiri Membangun Teks Eksposisi
Tugas 1 Mencari Contoh-Contoh Teks Eksposisi dari Berbagai Sumber
Kerjakan sesuai dengan petunjuk yang diberikan!
(1.)  Carilah teks eksposisi tentang ekonomi atau politik di media cetak, seperti koran atau majalah. Kalian juga dapat mencari teks yang dimaksud di internet.
Jawab:
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Anomali
Di tengah kondisi dunia yang sedang krisis, pertumbuhan ekonomi Indonesia mencatat hasil positif. Pertumbuhan ekonomi triwulan kedua tahun ini mencapai 6,4 persen dibandingkan dengan periode sama tahun lalu. Konsentrasi pertumbuhan tetap terpusat di Pulau Jawa dengan angka 57,5 persen.
Secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi Indonesia semester I-2012 lebih baik dibandingkan dengan semester I-2011 yang tumbuh sebesar 6,3 persen.
Namun, menurut pengamat ekonomi Indonesia for Global Justice, Salamuddin Daeng, pertumbuhan ekonomi Indonesia tergolong anomali. Alasannya karena pertumbuhan ekonomi tidak diikuti peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Ada empat faktor, kata Daeng, yang membuat pertumbuhan ekonomi anomali. Pertama, ekonomi Indonesia digerakkan oleh utang luar negeri yang angkanya terus naik. ”Utang Indonesia terakumulasi mencapai Rp 2.870 triliun. Utang luar negeri bertambah setiap tahun. Utang selanjutnya menjadi sumber pendapatan utama pemerintah dan menjadi faktor pendorong pertumbuhan ekonomi,” paparnya.
Kedua, pertumbuhan ekonomi didorong oleh peningkatan konsumsi masyarakat yang bersumber dari naiknya harga sandang dan pangan, serta ditopang dari pertumbuhan kredit khususnya kredit konsumsi.
Faktor ketiga, pertumbuhan ekonomi didorong ekspor bahan mentah, seperti bahan tambang, migas, hasil perkebunan dan hutan, sehingga tidak banyak menciptakan nilai tambah dan lapangan pekerjaan. Terakhir, pertumbuhan ekonomi didorong oleh investasi luar negeri yang membuat sumber daya alam kian dikuasai asing.
Pengamat ekonomi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, A Tony Prasetiantono menyatakan, sektor domestik mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. ”Transmisi krisis global melalui penurunan ekspor dan defisit neraca perdagangan baru akan terasa pada kuartal ketiga dan keempat tahun ini. Lagi pula, kontribusi ekspor terhadap PDB tidak besar,” kata Tony.
Hal senada disampaikan ekonom Mirza Adityaswara. Sejumlah sektor ekonomi dalam negeri tumbuh karena didorong oleh suku bunga rendah yang tampak dari tumbuhnya kredit 26-28 persen (tahunan) sekaligus didorong oleh harga bahan bakar minyak (BBM) yang rendah karena masih disubsidi.
”Maka dari itu, pertumbuhan tinggi dialami sektor yang berorientasi dalam negeri, seperti perdagangan, manufaktur, otomotif, transportasi, komunikasi, dan konstruksi,” kata Mirza. Dia menambahkan, akibat pertumbuhan tinggi sektor yang berorientasi dalam negeri, kecenderungan defisit neraca perdagangan akan semakin besar.

Menurut Tony, belanja pemerintah yang lebih cepat dan besar juga cukup membantu pertumbuhan. Seiring hal itu, inflasi yang terkendali di bawah 5 persen cukup membantu, meski hal tersebut ada efeknya, yaitu subsidi energi terus membengkak yang sebenarnya cenderung tidak sehat.

(2.)  Identifikasilah apakah teks yang kalian temukan itu betul-betul merupakan teks eksposisi. Perlu kalian ingat lagi bahwa teks eksposisi mempunyai struktur teks khusus, yaitu pernyataan pendapat^argumentasi^penegasan ulang pendapat.
Jawab: Ya, teks yang kami temukan itu betul-betul merupakan teks eksposisi.

(3.)  Sebagai perbandingan, kalian boleh melihat kembali teks-teks yang dicontohkan pada Kegiatan 1 dan 2 itu. Seandainya teks yang kalian temukan itu bukan teks eksposisi, modifikasilah agar menjadi teks eksposisi yang bagus.

Tugas 2 Membuat Pendapat Pribadi tentang Ekonomi dan Politik
Kerjakan sesuai dengan petunjuk yang diberikan!
(1.)  Buatlah teks eksposisi sebagai wadah untuk mengemukakan pendapat. Tema yang disarankan adalah ekonomi dan politik. Dalam membuat teks eksposisi, kalian dapat mendasarkan diri pada kenyataan yang ada di sekitar kalian. Biasanya, sesuatu yang kalian saksikan atau alami sendiri akan lebih mudah kalian ungkapkan daripada sesuatu yang jauh dari kehidupan kalian. Misalnya, kalian dapat membuat teks eksposisi tentang pentingnya pendirian koperasi sekolah atau perlunya pengaturan ekonomi keluarga. Kalian juga dapat mengungkapkan pendapat tentang manfaat menabung untuk menyongsong masa depan.
Jawab:
Pengaturan Ekonomi Keluarga
Pengaturan ekonomi keluarga sangatlah penting. Hal ini menyebabkan keluarga tersebut lebih teratur dalam mengatur perekonomian mereka. Ekonomi keluarga yang teratur ini dapat diinvestasikan bagi masa depan anak-anak di keluarga tersebut, karena tidaklah terduga apa saja bahan yang dibutuhkan untuk masa depan nanti. Jadi lebih baik keluarga itu melakukan cara berhemat dan rajin menabung bagi kehidupan untuk masa depan.


(2.)  Agar teks eksposisi ideal, cocokkan dengan teks-teks yang dicontohkan pada Kegiatan 1 dan 2.


Tugas 3 Menanggapi Pendapat Orang Lain
Kerjakan sesuai dengan petunjuk yang diberikan!
(1.)  Buatlah teks eksposisi dengan harapan bahwa kalian dapat menyajikannya di depan kelas!
(2.)  Bacalah teks yang kalian hasilkan itu sehingga teman-teman kalian dapat mendengarkan pendapat kalian. Mintalah tanggapan kepada mereka tentang isi dan bahasanya!

Tugas 4 Berpidato dalam Bentuk Eksposisi
Kerjakan sesuai dengan petunjuk yang diberikan!
(1.)  Buatlah dua teks eksposisi mengenai tema yang sama. Yang pertama condong ke sisi setuju; yang kedua condong ke sisi tidak setuju!
Tema yang Setuju
Membuka Lahan
Membuka lahan untuk membuat komplek perumahan sudah sewajarnya gencar dilakukan kebanyakan kota saat ini. Megapa hal ini harus dilakukan? Hal ini harus dilakukan karena jumlah rakyat Indonesia saat ini bertambah dengan cukup pesat. Maka dari itu membuka lahan utuk komplek sangat menguntungkan bagi keluarga baru maupun lama. Selain itu membuka lahan sebagai tempat lahan bisnis seperti pertanian, perkebunan, pertokoan, pusat perbelanjaan dan lain-lain juga menguntungkan manusia. Hasil dari bisnis tersebut dapat memenuhi kebutuhan manusia.

Tema yang Tidak Setuju
Membuka Lahan
Membuka lahan memang banyak menguntungkan bagi manusia, akan tetapi hal ini berdampak buruk bagi lingkungan yang mana membuka lahan ini akan mengakibatkan berkurangnya pohon di daerah tesebut. Belum lagi hutan yang merupakan tempat tinggal flora dan fauna tersebut akan menyebabkan mereka punah apabila terus menerus melakukan pembukaan lahan.
Sebaiknya kita sadar ada dampak positif dan dampak negatif dalam membuka lahan. Jadi dapat disimpulkan bahwa kita dapat mengambil sisi positifnya akan tetapi jangan berlebihan dalam menebang pohon dan mereboisasi kembali tempat tersebut (lahan) meskipun hanya sedikit pohon yang dapat ditanam dan akan lebih bagus lagi apabila pembukaan lahan ini tidak dilakukan dalam jangka waktu yang panjang.


(2.)  Ingatlah kembali bahwa teks eksposisi digunakan untuk mengungkapkan pendapat. Orang lain diminta untuk menerima pendapat tersebut. Untuk itu, argumentasi yang diberikan harus betul-betul kuat. Buatlah teks eksposisi dengan argumentasi yang tidak dapat dibantah oleh pembaca!
(3.)  Sajikanlah di depan kelas salah satu teks eksposisi yang telah kalian buat (pendapat dengan sisi setuju atau tidak setuju di bidang ekonomi atau politik) dalam bentuk kegiatan berpidato resmi. Gunakanlah gaya berpidato seperti gaya Bung Karno, Bung Tomo, atau gaya tokoh pendiri kebangsaan Indonesia lain yang kalian kagumi.


Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Indonesia 10 (K13) : Jawaban Pelajaran II

Bahasa Indonesia 12 K13 : Jawaban Tugas 1 hal. 8-10 Kelompok 6 (XII A 1)

Bahasa Indonesia Kelas 10 (K13) : Jawaban Kegiatan 1