Bahasa Indonesia Kelas 10 (K13) : Jawaban Kegiatan 1

Hal.4
Kegiatan 1
Pemodelan Teks Laporan Hasil Observasi
Tugas 1
Membaca Teks “Makhluk di Bumi Ini”
                                                                                                                                
Bacalah teks pendek yang berjudul “Makhluk di Bumi Ini” berikut. Sebelum membaca teks, kalian diskusikan terlebih dahulu tugas-tugas berikut ini dalam kelompok yang terdiri atas tiga sampai lima orang.
(1.)  Amatilah benda-benda yang ada di sekitar kalian, baik benda hidup maupun benda mati. Apakah benda hidup dan benda mati saling bergantung? Berilah penjelasan secara singkat!
(2.)  Cobalah membuat pengelompokkan benda-benda itu dan diskusikan dasar pengelompokkan yang kalian gunakan!
(3.)  Carilah kata-kata yang maknanya sama dengan kata mengelompokkan!
(4.)  Binatang termasuk ke dalam kelompok apa?
(5.)  Manusia termasuk ke dalam kelompok apa?
(6.)  Ada ungkapan bahwa manusia adalah binatang yang dapat berpikir. Apakah maksud ungkapan tersebut dan mengapa ada tanggapan demikian?
Jawab:
(1.)  Benda hidup dan benda mati saling bergantung karena apabila salah satu darinya tidak ada maka akan terjadi ketidakseimbangan. Makhluk hidup tidak bisa memanfaatkan benda mati, lalu mereka akan hidup seperti apa? Sedangkan apabila Benda mati tidak dimanfaatkan oleh makhluk hidup, bagaimana benda tersebut akan berguna? Kesimpulannya Makhluk hidup tidak akan dapat hidup tanpa adanya benda mati begitu pula sebaliknya.
(2.)  Dapat dikelompokkan menjadi dua yakni benda hidup dan benda mati. Benda hidup contohnya seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum seperti bergerak, bernapas, tumbuh, membutuhkan makanan, dan mempunyai keturunan.            
Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ketempat lain, namun dapat menghasilkan makanan sendiri. Tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah tetapi hidup. Binatang bisa bergerak dari satu tempat ketempat yang lain, namun tidak dapat menghasilkan makanan.
Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum seperti benda hidup. Contohnya seperti air, oksigen, meja, kursi, plastik, perak, dan lain-lain.
(3.)  Mengelompokkan = membagi, memilah, memisahkan, menggolongkan, menjeniskan, mengklasifikasikan, dan menyebutkan.
(4.)  Binatang termasuk kedalam kelompok benda hidup atau abiotik.
(5.)  Manusia termasuk kedalam kelompok benda hidup atau abiotik.
(6.)  “Manusia merupakan binatang yang dapat berpikir,” ungkapan itu memang benar, karena manusia mempunyai akal untuk berpikir dan juga karena manusia mempunyai tulang ekor maka  disebut binatang, namun manusia adalah binatang yang diciptakan oleh Allah SWT paling sempurna bentuknya dibandingkan yang lainnya.

Hal. 6
Tugas 2
Membedah Struktur Teks Laporan.

(1.)  Pada tahap pembukaan disampaikan bahwa benda-benda di dunia dapat diklasifikasikan berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan. Perhatikan bahwa kriteria itu ternyata digunakan untuk membedakan kelas dan subkelas. Tugas kalian selanjutnya adalah membuat pembagian itu sampai sekecil-kecilnya. Misalnya pada subkelas ikan, kalian dapat menambahkan jenis-jenis ikan yang kalian ketahui. Kemudian kerjakan dengan cara yang sama untuk jenis ular. Begitu seterusnya.

Pernyataan Umum atau Klasifikasi
Burung adalah bangsa aves atau bisa juga disebut unggas. Unggas mempunyai ciri yang relatif mudah dikenali di
antara hewan-hewan bertulang belakang, yaitu tubuhnya
yang ditutupi bulu.
Anggota/aspek yang dilaporkan
Seperti halnya Reptilia, unggas juga
berkembang biak dengan telur yang bercangkang dari zat kapur. Unggas mempunyai variasi yang sangat banyak,
ada yang hidup di tanah, di air, dan ada juga yang hidup
bertengger di pohon-pohon.
Anggota/aspek yang dilaporkan
Tubuh berbulu untuk terbang dan melindungi tubuh, tulang
berongga supaya ringan, suhu badan homoioterm atau berdarah panas yaitu suhu tubuh tetap.
Anggota/aspek yang dilaporkan
Sayangnya kini banyak unggas yang mulai terancam
punah, baik karena banyaknya yang diburu maupun karena
rusaknya tempat hidup unggas-unggas tersebut. Oleh karena
itu, perlu kita pikirkan bagaimana caranya agar kekayaan
alam berupa keanekaragaman unggas tidak punah.

(2.)  Setelah kalian mengetahui cara membuat teks laporan, isilah titik-titik pada diagram tentang kelas dan subkelas berikut ini!
Jawaban: Benda terbagi menjadi benda hidup dan benda mati. Benda hidup terbagi menjadi tumbuh-tumbuhan dan binatang. Binatang terbagi menjadi binatang vertebrata dan invertebrata. Binatang Vertebrata yaitu mamalia (contohnya: sapi, kambing, paus, lumba-lumba, domba, gajah, harimau, singa, dan kelelawar), amphibi, reptilia, dan ikan. Binatang Invertebrata contohnya seperti ubur-ubur, kupu-kupu, laba-laba, bintang laut, siput, cumi-cumi, kerang, cacing, dan udang-udangan. Benda mati contohnya seperti pensil, kapur, kertas, meja, kursi, dan lain-lain.

(3.)  Frasa atau kelompok kata dibagi menjadi dalam kalimat Binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata merupakan kelompok verba atau frasa verbal yang digunakan untuk membuat klasifikasi. Carilah verba dan kelompok verba lain yang mengandung makna ‘membagi’ atau ‘mengelompokkan’, baik verba aktif maupun pasif. Kemudian tulislah kalimat dengan menggunakan verba tersebut!
Jawab:
(a.)  Budi memisahkan antara uang logam dan uang kertas. 
(b.)  Ririn memilah barang bekas dan barang baru milikinya.
(c.)  Harimau digolongkan kedalam mamalia.

(4.)  Kata membagi dan mengelompokkan mengandung makna yang sama. Kata-kata yang berbeda, tetapi mempunyai makna yang sama disebut sinonim atau padan kata. Kata-kata berikut bersinonim dengan kata ‘mengelompokkan’, kecuali :
(a.)  Mengklasifikasikan.
(b.) Memisahkan.
(c.)  Memilah.
(d.) Menggolongkan.
(e.) Meliputi.
(f.)   Mencakup.
(g.)  Menjeniskan.
(h.) Menyebutkan.
Di pihak lain, kata-kata yang mempunyai makna yang berlawanan disebut antonim atau lawan kata. Kata hidup berantonim dengan kata mati. Carilah antonim kata-kata berikut ini!
(a.)  Persamaan.                x ... ...
(b.) Bergerak.                    x ... ...
(c.)  Keras.                           x ... ...
(d.) Tumbuh.                      x ... ...
(e.) Umum.                         x ... ...
(f.)   Belakang.                    x ... ...
(g.)  Kelompok. x ... ...
(h.) Sebagian.                    x ... ...
(i.)    Panjang.                      x ... ...
(j.)   Berubah.                     x ... ...
Jawab:
(a.)  Perbedaan.
(b.) Berdiam.
(c.)  Lunak.
(d.) Layu.
(e.) Pribadi.
(f.)   Depan.
(g.)  Individu.
(h.) Seluruh.
(i.)   Pendek.
(j.)   Tetap.
Hal. 11-13
(5.)  Suatu jenis kata mungkin berubah menjadi jenis kata yang lain. Misalnya, verba mungkin berubah menjadi nomina atau kelompok nomina. Sebagai contoh, membagi berubah menjadi pembagian. Kata dasar kedua kata tersebut adalah bagi. Perhatikan beberapa contoh pembentukan kata dari kata dasar menjadi kata-kata bentukan yang lain berikut ini. Selanjutnya, kerjakan sendiri sesuai dengan contoh-contoh tersebut dengan melengkapi titik-titik yang tersedia.

Kata Dasar
Verba
Nomina
Bagi
Membagi
Bagian

Membagikan
Pembagian

Berbagi


Membagi-bagikan


Terbagi


Dibagi                


Dibagikan

Golong
Menggolongkan
Penggolong

Tergolong
Penggolongan

Digolongkan

Pilah
Memilah
Pilahan

Memilahkan


Terpilahkan


Dipilah


Dipilahkan


Dipilah-pilah




Kelompok
Pengelompokkan
Pengelompokkan

Mengelompokkan


Terkelompok


Terkelompokkan


Dikelompok


Dikelompokkan




Jenis
Penjenisan
Penjenisan

Menjeniskan


Terjeniskan


Dijeniskan




Besar
Membesar
Besaran

Pembesaran
Pembesaran

Membesarkan


Terbesar


Dibesarkan


Dibesar-besarkan




Kecil
Mengecil
Pengecilan

Mengecilkan


Terkecil


Dikecilkan


Dikecil-kecilkan




Tumbuh
Penumbuhan
Tumbuhan

Menumbuhkan
Penumbuh

Menumbuhi


Tertumbuhkan


Tertumbuhi


Ditumbuhkan


Ditumbuhi




Sama
Samakan
Samakan

Menyamakan
Penyamaan

Menyamai


Tersamakan


Tersamai


Disamakan


Disamai


Disama-samakan




Berbeda
Pembedaan
Pembedaan

Membedakan


Membeda-bedakan


Terbedakan


Dibedakan


Dibeda-bedakan




Umum
Mengumumkan
Pengumuman

Terumumkan


Diumumkan


(6.)   Identifikasikanlah konjungsi yang digunakan dalam teks laporan yang telah kalian pelajari tadi. Misalnya konjungsi dan digunakan untuk menambahkan sifat-sifat untuk anggota kelas yang sama, seperti terlihat pada kalimat (a.). Sebaliknya, tetapi digunakan untuk menyatakan perbedaan antara anggota kelas yang satu dengan anggota kelas yang lain, seperti terlihat pada kalimat (b.).
(a.)  Yang pertama tumbuh sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.
(b.) Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah tetapi tumbuh-tumbuhan hidup.
Sekarang buatlah kalimat dengan menggunakan konjungsi dan, tetapi, sementara itu, sedangkan, dan selanjutnya yang lazim ditemukan pada teks laporan.
                                                                        Jawab:
(a.)   Komodo mempunyai kulit bersisik yang berwarna abu-abu, moncong yang lancip, tungkai lengan yang kuat, dan ekor yang berotot.
(b.) Harimau adalah hewan pemangsa dan pemakan daging (Karnivora).
(c.)  Harimau termasuk hewan penyendiri tetapi mempunyai wilayah yang amat luas untuk berburu mangsa.
(d.) Kakak sedang membersihkan halaman sementara itu adik membantunya dengan menyapu teras rumah.
(e.) Amrul sedang mengerjakan tugas Bahasa Indonesia sedangkan Rinda sedang mengerjakan tugas Biologi.
(f.)   Tugas Bahasa Indonesia sudah selesai dikerjakan oleh Kakak. Selanjutnya kakak mengerjakan tugas sekolah yang lain yaitu tugas Biologi.

Hal. 13-14
(7.)  Setelah kalian mengetahui perbedaan antara kalimat simpleks dan kalimat kompleks, carilah contoh-contoh lain dari kedua jenis kalimat tersebut pada teks laporan yang berjudul “ Makhluk di Bumi Ini” itu!
Kalimat simpleks yang terdapat dalam teks tersebut adalah sebagai berikut:

Jawab:
(a.)  Tumbuh-tumbuhan tergolong ke dalam makhluk hidup.
(b.) Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya.
(c.)  Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi bintang dan tumbuh-tumbuhan.
(d.) Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ketempat lain.
(e.) Benda hidup juga membutuhkan makanan.
(f.)   Binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata.
Kalimat kompleks yang terdapat dalam teks tersebut adalah sebagai berikut :
                                                                                Jawab:
(a.)  Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang.
(b.) Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan.
(c.)  Vertebrata bertulang belakang meliputi manusia, burung, anjing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak bertulang belakang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba.
Hal. 14
Tugas 3
Mengamati Teks Laporan yang Ideal

                Bacalah teks pendek yang berjudul “Sistem Peredaran Darah Manusia” berikut ini. Teks ini dipilih untuk melaporkan ciri makhluk hidup yang terdapat pada manusia. Untuk itu, kerjakan tugas-tugas setelah teks!
                Sambil  kalian membaca teks, amati apakah teks ini digolong ke dalam laporan yang ideal. Bekerja samalah dengan teman-teman kalian dalam memutuskan apakah teks ini merupakan laporan yang ideal!
(1.)  Pernahkah kalian berpikir bahwa darah adalah unsur yang berperanan penting dalam tubuh manusia?
Jawab: Tentu saja pernah terpikirkan oleh kami bahwa darah adalah unsur yang berperan penting dalam tubuh manusia.

(2.)  Apa hubungan antara darah dan jantung?
Jawab: Darah dan jantung saling berhubungan yaitu jantung berfungsi memompa darah agar mengalir ke seluruh bagian tubuh kita. Sementara darah berfungsi sebagai pengangkut oksigen dan karbon dioksida maupun makanan.

(3.)  Dapatkah kalian menyebutkan nama-nama penyakit yang berhubungan dengan darah dan jantung?
Jawab: Anemia, Hipotensi (tekanan darah rendah), Hipertensi (tekanan darah tinggi), Leukimia, Varises, Ambeien atau Hemoroid, dan Sklerosis.

(4.)  Dengan bantuan diagram, buatlah kalsifikasi tentang sistem peredaran darah manusia!
Jawab:
Klasifikasi
Sistem peredaran darah ada dua macam,
yaitu sistem peredaran darah tertutup dan
sistem peredaran darah ganda. Sistem
peredaran darah tertutup adalah peredaran
darah yang terjadi di dalam pembuluh, yaitu
dari jantung melalui pembuluh nadi – pembuluh
kapiler – pembuluh balik – kembali ke jantung.
Peredaran darah ganda atau rangkap adalah
peredaran darah yang terjadi melalui jantung
sebanyak dua kali. Peredaran darah ganda ada
dua macam yaitu sebagai berikut.
Aspek yang dilaporkan
Peredaran darah besar adalah peredaran
darah dari jantung ke seluruh tubuh
kembali ke jantung.
Aspek yang dilaporkan
Peredaran darah kecil adalah peredaran
darah yang berasal dari jantung ke paruparu
kembali ke jantung.

(5.)  Pada bagian berikut disajikan struktur teks laporan. Tulislah satu kalimat untuk setiap tahap dan usahakan kalimat itu telah mencangkup semua isi pada tahap yang dimaksud!
Jawab:
1.       Darah berfungsi mengangkut oksigen dan sari makanan ke seluruh bagian tubuh.
2.       Darah terdiri atas sel darah merah (eritrosit), plasma darah, dan keping darah.
3.       Sistem peredaran darah manusia terdiri atas:
a.       jantung,
b.      pembuluh darah arteri, dan
c.       pembuluh darah vena.
4.       Jantung berfungsi memompa darah untuk dialirkan menuju ke bagian tubuh lainnya.
5.       Pembuluh darah arteri berfungsi mengangkut darah yang mengandung oksigen dan sari makanan dari jantung ke bagian tubuh lainnya. Pembuluh darah vena berfungsi mengangkut darah dari bagian tubuh lain menuju ke jantung.
6.       Tekanan darah adalah tekanan yang terjadi saat jantung memompa darah yang akan dialirkan ke tempat tertentu.




Sistem Peredaran Darah Manusia
Pernyataan Umum atau Klasifikasi:
Berdasarkan aliran darahnya, pembuluh darah dibedakan
menjadi dua macam, yaitu pembuluh nadi atau arteri
(pembuluh darah yang mengalirkan darah dari jantung)
dan pembuluh balik atau vena (pembuluh darah yang
mengalirkan darah menuju jantung).

Anggota/aspek yang dilaporkan:
Baik pembuluh nadi maupun pembuluh balik masing-masing memiliki cabang
terkecil yang disebut dengan pembuluh kapiler. Dinding pembuluh nadi lebih tebal, kuat, dan elastis dibandingkan dinding pembuluh balik. Pembuluh nadi harus kuat karena harus menahan tekanan darah yang dipompa oleh jantung. Saat jantung berdenyut, maka pembuluh nadi pun ikut berdenyut akibat tekanan darah yang terpompa. Jika kamu meraba pembuluh nadi, kamu dapat merasakan denyut nadi tersebut. Salah satu tempat yang denyutnya dapat kamu rasakan dengan mudah adalah pembuluh nadi yang berada di dekat pergelangan tangan, di dekat tulang yang lurus dengan ibu jari.

Anggota/aspek yang dilaporkan:
Dari seluruh tubuh darah kembali ke jantung melalui pembuluh balik (vena). Dinding pembuluh balik lebih tipis dibandingkan dinding pembuluh nadi. Pembuluh balik besar ada dua macam, yaitu pembuluh balik besar atas
(untuk mengembalikan darah dari kepala dan tangan dan
pembuluh balik besar bawah untuk mengembalikan darah.


(6.)   Dapatkah kalian menjelaskan bahwa ketiga hal yang merupakan unsur-unsur klasifikasi pada setiap tahap anggota/aspek yang dilaporkan diperinci secara urut?
Jawab:
a.)    Darah: Darah berfungsi mengangkut oksigen dan sari makanan ke seluruh bagian tubuh. Darah terdiri atas sel darah merah (eritrosit), plasma darah, dan keping darah. Eritrosit merupakan bagian darah yang memberi warna merah pada darah. Eritrosit mengandung zat warna yang disebut hemoglobin. Plasma atau cairan darah. Trombosit terdapat di dalam serum darah. Serum darah merupakan cairan berwarna kuning yang diperoleh pada saat sel darah merah diendapkan, misalnya dengan cara dipusingkan menggunakan alat yang disebut sentrifus. Plasma darah yang sudah tidak mengandung eritrosit tersebut yang disebut serum darah. Cairan serum darah juga mengandung sel-sel kekebalan tubuh atau sel imun dan protein-protein yang dihasilkan oleh sel-sel imun.
b.)    Pembuluh: pembuluh darah dibedakan menjadi dua macam, yaitu pembuluh nadi atau arteri (pembuluh darah yang mengalirkan darah dari jantung) dan pembuluh balik atau vena (pembuluh darah yang mengalirkan darah menuju jantung). Dinding pembuluh nadi lebih tebal, kuat, dan elastis dibandingkan dinding pembuluh balik. Pembuluh nadi harus kuat karena harus menahan tekanan darah yang dipompa oleh jantung. Dinding pembuluh balik lebih tipis dibandingkan dinding pembuluh nadi. Pembuluh balik besar ada dua macam, yaitu pembuluh balik besar atas untuk mengembalikan darah dari kepala dan tangan dan pembuluh balik besar bawah untuk mengembalikan darah.

(7.)  Jelaskan bahwa jumlah tahap anggota/aspek yang dilaporkan bergantung pada jumlah aspek yang akan diperinci yang pada akhirnya juga menentukan jumlah paragraf yang digunakan untuk mewadahi aspek-aspek tersebut!
Jawab: Jantung merupakan pusat sistem peredaran darah manusia. Dari jantung, darah dialirkan keseluruh tubuh melalui pembuluh darah arteri atau pembuluh nadi. Sedangkan darah yang menuju ke jantung dibawa oleh pembuluh darah vena atau pembuluh darah balik. Jadi, jantung berfungsi memompa darah agar mengalir ke seluruh bagian tubuh kita.

(8.)  Catatlah bahwa pada teks laporan tidak terdapat semacam penutup yang simpulan atau pandangan penulis teks terhadap pokok yang dikemukakan. Penulis teks hanya melaporkan apa yang dilihat dan yang diketahui tentang sistem peredaran darah itu. Itulah sebabnya teks seperti ini disebut laporan hasil observasi atau laporan saja.
Jawab: Didalam teks sistem peredaran darah manusia tidak terdapat penutup.

(9.)  Cermati bahwa pertisipan pada teks laporan adalah partisipan manusia atau benda umum, misalnya darah dan jantung.
(10.)          Kalian telah mengetahui bahwa kelompok kata peredaran darah berhubungan secara berjenjang dengan darah , pembuluh darah, dan jantung. Hubungan itu adalah hubungan antara kelas dan subkelas. Carilah contoh lain yang menunjukan hubungan seperti itu.  Berikut ini disajikan sebagai diantaranya.
(a.)Darah mempunyai subkelas sebagai berikut:
Golongan A
Jawab:
Golongan B
Golongan AB
Golongan O
(b.)Pembuluh darah mempunyai subkelas sebagai berikut :
                       Arteri.
                       Jawab: Vena dan Kapiler.
(c.)... ... ... ... ... ... ... ...
Jawab: Didalam jantung terdapat bilik (ventrikel) yang terbagi dua yaitu  bilik kiri dan bilik kanan. Jantung juga memiliki serambi (atrium) yang terbagi dua yaitu serambi kiri dan serambi kanan.

Hal. 17-23
Tugas 4
Memahami Kalimat Definisi dalam Teks Laporan

Bacalah teks laporan tentang harimau berikut ini. Setelah kalian membaca teks mengenai binatang ini, kerjakan tugas yang menyertainya sesuai dengan petunjuk yang diberikan!

HARIMAU
(1.)  Buatlah kalimat definisi, seperti yang kalian temukan pada tugas sebelumnya manusia adalah binatang yang dapat berpikir.perhatikan bahwa dalam teks laporan banyak ditemukan kalimat definisi. Jika perlu, bacalah teks “harimau”sekali lagi.

Teks laporan tentang harimau tersebut dimulai dengan kalimat definisi tentang penggolongan tentang klasifikasi. Kalimat definisi itu adalah sebagai berikut.

a.       Mamalia adalah binatang yang menyusui.
b.      “Kucing besar”  itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging.
 Kalimat (a) dan (b) itu dapat dirumuskan menjadi X=Y dengan keterangan bahwa X adalah hewan atau benda yang didefinisikan, Y adalah definisinya, dan tanda = adalah verba penghubung, seperti adalah, ialah, termasuk, digolongkan, terdiri atas, disebut, dan meliputi.

Perlu digaris bawahi bahwa X dan Y berbobot sama atau setidak-tidaknya sepadan. Berbandingan itu disajikan pada table berikut ini.





X
=
Y
Mamalia


Kucing besar” itu
Adalah


Adalah
Binatang yang menyusui.


Hewan pemangsa dan pemakan daging.

Apabila definisi itu tidak dapat dibalik, hal itu menunjukkan bahwa definisi itu tidak bagus atau unsure X dan Y tidak mempuunyai bobot yang sama.Pada teks laporan definisi sering berkaitan dengan istilah teknis,yaitu  istilah yang hanya digunakan secara khusus pada bidang tertentu. Sebagai contoh, mamalia adalah sitilah teknis pada bidang biologi,inflasi adalah astilah teknis pada bidang ekonomi . Dengan demikian,pada bidang biologi mamalia dapat didefinisikan sebagai bintang menyusui. Pada bidang ekonomi,inflasi didefinisikan sebagai keadaan bahwa terdapat lebih banyak barang daripada permintaan.
Sekarang buatlah definisi seperti contoh tersebut. Kalian bebas memilih kata atau istilah yang akan didefinisikan.

                                                                                Jawab:
a)      Jantung adalah pusat sistem peredaran darah manusia.
b)      Jaringan adalah sekelompok sel yang mempunyai struktur dan fungsi yang sama.
c)       Jaringan meristem adalah jaringan yang terus-menerus membelah.
d)      Jaringan dewasa adalah jaringan yang sudah berhenti membelah.
e)      Jaringan utama penyusun tubuh tumbuhan adalah akar, batang, dan daun.

(2.) Tahukah kalian bahwa pada teks laporan terkadung pula unsure deskrpisi? Kalimat deskripsi adalah kalimat yang dapat berisi gambaran sifat-sifat benda yang dideskripsikan . Sifat-sifat itu,antara lain,berupa ukuran ( besar-kecil,tinggi-rendah), warna (merah,kuning,biru),rasa ( manis, pahit, getir, halus,kasar), atau sifat-sifat yang lain. Pada teks laporan tersebut juga terdapat kalimat-kalimat yang berisi deskripsi tentang bintang. Contoh (c) berikut tidak diambil dari teks tersebut.
a)      Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter,panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram.
b)      Bulunya berwarna putih dan coklat keemasan dengan belang atau loreng bewarna hitam.
c)      Kuda mempunyai ekor sepanjang satu meter.
Pola kalimat deskripsi hampir sama dengan pola kalimat definisi. Perbedaannya adalah kalimat deskripsi tidak dapat dibalik seperti kalimat definisi. Kalimat deskripsi berisi gembaran sifat-sifat yang dimiliki oleh benda yang dideskrpsikan.
Buatlah kalimat deskripsi lain!
Jawab:
a) Sarcoshucus memiliki panjang 50 kaki dengan berat 8-10 ton.
b) Paus biru mempunyai panjang 100 kaki.
c) Hiu purba memikili ukuran terkecil sekitar 6 meter.
d) Liopleurodon memiliki gigi sepanjang 30cm.
e) Argentinosaurus memiliki panjang 45 meter dan berat 95 ton.

(3.)  Dapatkah kalian menjelaskan bahwa pemangsa, daging, rumput, payau, dan bakau berfungsi sebagai penjenis? Bandingkan kata yang ada di kolom penjenis dengan kata yang ada di kolom pendeskripsi!

Benda
Penjenis
Pendeskripsi
Hewan
Pemangsa
Ganas
Hewan
Sapi
Gemuk/kurus
Pemakan
Daging
Harimau
Pemakan
Rumput
Kambing
Pemakan
Daging
Rakus
Padang
Rumput
Hijau
Padang
Gurun
Luas
Daerah
Payau
Basah
Daerah
Gurun
Gersang
Hutan
Bakau
Sejuk
Hutan
Jati
Rindang
Buku
Orang Dewasa
Berbahaya
Buku
Tulis
Bermanfaat
Buku
Biologi
Bermanfaat
Buku
Tulis
Tipis/tebal
Lingkungan
Petani
Sawah
Lingkungan
Taman
Bersih

Kata-kata di dalam kolom penjenis berfungsi berbeda dengan kata-kata did ala kolom pendeskripsi meskipun keduanya merupakan kata-kata penjelas. Jadi,ada penjelas yang berperan mengklasifikasikan benda (penjenis) yang diikuti dan ada penjelas yang berperan mendeskripsikan benda yang dimaksud (pendeskripsi).
 Perhatikan contoh-contoh pada tebel tersebut. Ternyata gabungan benad dan kata penjenis pada kelompok nomina, misalnya pemakan rumput tidak bisa disisipi oleh kata apapun. Kedua kata itu harus saling berdekatan. Sebaliknya, gabungan kata benda dan kata pendeskripsi dapat disisipi, misalnya dengan kata penyangat, seperti sangat atau terlalu dan kata pewatas seperti yang.
Buatlah kalimat yang di dalamnya terdapat kelompok nomina dengan penjenis dan kelompok nomina dengan pendekripsi. Cocokkan pekerjaan kalian dengan contoh-contoh table diatas.
Kelompok nomina dengan penjenis :
a.)    Hewan adalah makhluk hidup atau benda hidup.
b.)    Pensil adalah benda mati.
c.)     Kelinci adalah binatang herbivora.
d.)    Komodo adalah binatang karnivora.
e.)    Kekeringan adalah keadaan kekurangan air.
Kelompok nomina dengan pendeskripsi:
a.)    Hewan adalah makhluk hidup karena bisa bergerak, bernapas, tumbuh, memerlukan makanan, dan mempunyai keturunan.
b.)    Pensil adalah benda mati karena tidak bisa bergerak, tidak bisa bernapas, tidak bisa tumbuh, tidak memerlukan makanan,dan tidak bisa mempunyai keturunan.
c.)     Kelinci merupakan binatang pemakan tumbuh-tumbuhan atau herbivora.
d.)    Komodo merupakan salah satu binatang melata besar yang memakan daging atau karnivora.
e.)    Kekeringan merupakan suatu keadaan dimana sebuah tempat kekurangan air yang sangat ekstrem dalam waktu lama.


Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Indonesia 10 (K13) : Jawaban Pelajaran II

Bahasa Indonesia 12 K13 : Jawaban Tugas 1 hal. 8-10 Kelompok 6 (XII A 1)