Bahasa Indonesia Kelas 10 (K13) : Jawaban Kegiatan 1
Hal.4
Kegiatan 1
Pemodelan
Teks Laporan Hasil Observasi
Tugas 1
Membaca Teks
“Makhluk di Bumi Ini”
Bacalah teks pendek yang berjudul “Makhluk di Bumi Ini” berikut.
Sebelum membaca teks, kalian diskusikan terlebih dahulu tugas-tugas berikut ini
dalam kelompok yang terdiri atas tiga sampai lima orang.
(1.) Amatilah
benda-benda yang ada di sekitar kalian, baik benda hidup maupun benda mati.
Apakah benda hidup dan benda mati saling bergantung? Berilah penjelasan secara
singkat!
(2.) Cobalah
membuat pengelompokkan benda-benda itu dan diskusikan dasar pengelompokkan yang
kalian gunakan!
(3.) Carilah
kata-kata yang maknanya sama dengan kata mengelompokkan!
(4.) Binatang
termasuk ke dalam kelompok apa?
(5.) Manusia
termasuk ke dalam kelompok apa?
(6.) Ada
ungkapan bahwa manusia adalah binatang yang dapat berpikir. Apakah maksud
ungkapan tersebut dan mengapa ada tanggapan demikian?
Jawab:
(1.)
Benda
hidup dan benda mati saling bergantung karena apabila salah satu darinya tidak
ada maka akan terjadi ketidakseimbangan. Makhluk hidup tidak bisa memanfaatkan
benda mati, lalu mereka akan hidup seperti apa? Sedangkan apabila Benda mati
tidak dimanfaatkan oleh makhluk hidup, bagaimana benda tersebut akan berguna?
Kesimpulannya Makhluk hidup tidak akan dapat hidup tanpa adanya benda mati
begitu pula sebaliknya.
(2.)
Dapat
dikelompokkan menjadi dua yakni benda hidup dan benda mati. Benda hidup
contohnya seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Benda hidup mempunyai ciri-ciri
umum seperti bergerak, bernapas, tumbuh, membutuhkan makanan, dan mempunyai
keturunan.
Benda hidup dapat dikelompokkan lagi
menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari
satu tempat ketempat lain, namun dapat menghasilkan makanan sendiri. Tumbuhan
tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah tetapi hidup. Binatang bisa
bergerak dari satu tempat ketempat yang lain, namun tidak dapat menghasilkan
makanan.
Benda mati dibedakan dari benda hidup
karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum seperti benda hidup. Contohnya
seperti air, oksigen, meja, kursi, plastik, perak, dan lain-lain.
(3.)
Mengelompokkan
= membagi, memilah, memisahkan, menggolongkan, menjeniskan, mengklasifikasikan,
dan menyebutkan.
(4.)
Binatang
termasuk kedalam kelompok benda hidup atau abiotik.
(5.)
Manusia
termasuk kedalam kelompok benda hidup atau abiotik.
(6.)
“Manusia
merupakan binatang yang dapat berpikir,” ungkapan itu memang benar, karena
manusia mempunyai akal untuk berpikir dan juga karena manusia mempunyai tulang
ekor maka disebut binatang, namun
manusia adalah binatang yang diciptakan oleh Allah SWT paling sempurna
bentuknya dibandingkan yang lainnya.
Hal. 6
Tugas 2
Membedah Struktur Teks Laporan.
(1.) Pada
tahap pembukaan disampaikan bahwa benda-benda di dunia dapat diklasifikasikan
berdasarkan kriteria persamaan dan perbedaan. Perhatikan bahwa kriteria itu
ternyata digunakan untuk membedakan kelas dan subkelas. Tugas kalian
selanjutnya adalah membuat pembagian itu sampai sekecil-kecilnya. Misalnya pada
subkelas ikan, kalian dapat menambahkan jenis-jenis ikan yang kalian ketahui.
Kemudian kerjakan dengan cara yang sama untuk jenis ular. Begitu seterusnya.
Pernyataan Umum atau Klasifikasi
|
Burung
adalah bangsa aves atau bisa juga disebut unggas. Unggas
mempunyai ciri yang relatif mudah dikenali di
antara hewan-hewan bertulang
belakang, yaitu tubuhnya
yang ditutupi bulu.
|
Anggota/aspek yang dilaporkan
|
Seperti halnya Reptilia, unggas juga
berkembang biak dengan telur yang
bercangkang dari zat kapur. Unggas mempunyai variasi yang sangat banyak,
ada yang hidup di tanah, di air, dan
ada juga yang hidup
bertengger di pohon-pohon.
|
Anggota/aspek yang dilaporkan
|
Tubuh berbulu untuk terbang dan melindungi tubuh, tulang
berongga supaya ringan, suhu badan homoioterm atau berdarah panas
yaitu suhu tubuh tetap.
|
Anggota/aspek yang dilaporkan
|
Sayangnya kini banyak unggas yang
mulai terancam
punah, baik karena banyaknya yang
diburu maupun karena
rusaknya tempat hidup unggas-unggas
tersebut. Oleh karena
itu, perlu kita pikirkan bagaimana
caranya agar kekayaan
alam berupa keanekaragaman unggas tidak
punah.
|
(2.) Setelah
kalian mengetahui cara membuat teks laporan, isilah titik-titik pada diagram
tentang kelas dan subkelas berikut ini!
Jawaban:
Benda terbagi menjadi benda hidup dan benda mati. Benda hidup terbagi menjadi
tumbuh-tumbuhan dan binatang. Binatang terbagi menjadi binatang vertebrata dan
invertebrata. Binatang Vertebrata
yaitu mamalia (contohnya: sapi, kambing,
paus, lumba-lumba, domba, gajah, harimau, singa, dan kelelawar), amphibi, reptilia, dan ikan. Binatang Invertebrata contohnya seperti ubur-ubur, kupu-kupu, laba-laba, bintang laut, siput,
cumi-cumi, kerang, cacing, dan udang-udangan. Benda mati contohnya seperti
pensil, kapur, kertas, meja, kursi, dan lain-lain.
(3.) Frasa
atau kelompok kata dibagi menjadi
dalam kalimat Binatang dapat dibagi
menjadi vertebrata dan invertebrata merupakan kelompok verba atau frasa
verbal yang digunakan untuk membuat klasifikasi. Carilah verba dan kelompok
verba lain yang mengandung makna ‘membagi’ atau ‘mengelompokkan’, baik verba
aktif maupun pasif. Kemudian tulislah kalimat dengan menggunakan verba
tersebut!
Jawab:
(a.)
Budi
memisahkan antara uang logam dan uang kertas.
(b.)
Ririn memilah barang bekas dan barang baru
milikinya.
(c.)
Harimau
digolongkan kedalam mamalia.
(4.) Kata
membagi dan mengelompokkan mengandung makna yang sama. Kata-kata yang berbeda,
tetapi mempunyai makna yang sama disebut sinonim atau padan kata. Kata-kata
berikut bersinonim dengan kata ‘mengelompokkan’, kecuali :
(a.) Mengklasifikasikan.
(b.) Memisahkan.
(c.) Memilah.
(d.) Menggolongkan.
(e.) Meliputi.
(f.)
Mencakup.
(g.) Menjeniskan.
(h.) Menyebutkan.
Di pihak lain, kata-kata yang
mempunyai makna yang berlawanan disebut antonim atau lawan kata. Kata hidup
berantonim dengan kata mati. Carilah antonim kata-kata berikut ini!
(a.) Persamaan. x ... ...
(b.) Bergerak. x ... ...
(c.) Keras. x ... ...
(d.) Tumbuh. x ... ...
(e.) Umum. x ... ...
(f.)
Belakang. x
... ...
(g.) Kelompok. x ... ...
(h.) Sebagian. x ... ...
(i.)
Panjang. x
... ...
(j.)
Berubah. x
... ...
Jawab:
(a.)
Perbedaan.
(b.)
Berdiam.
(c.)
Lunak.
(d.)
Layu.
(e.)
Pribadi.
(f.)
Depan.
(g.)
Individu.
(h.)
Seluruh.
(i.)
Pendek.
(j.)
Tetap.
Hal. 11-13
(5.) Suatu
jenis kata mungkin berubah menjadi jenis kata yang lain. Misalnya, verba
mungkin berubah menjadi nomina atau kelompok nomina. Sebagai contoh, membagi berubah menjadi pembagian. Kata dasar kedua kata
tersebut adalah bagi. Perhatikan
beberapa contoh pembentukan kata dari kata dasar menjadi kata-kata bentukan
yang lain berikut ini. Selanjutnya, kerjakan sendiri sesuai dengan
contoh-contoh tersebut dengan melengkapi titik-titik yang tersedia.
Kata
Dasar
|
Verba
|
Nomina
|
Bagi
|
Membagi
|
Bagian
|
|
Membagikan
|
Pembagian
|
|
Berbagi
|
|
|
Membagi-bagikan
|
|
|
Terbagi
|
|
|
Dibagi
|
|
|
Dibagikan
|
|
Golong
|
Menggolongkan
|
Penggolong
|
|
Tergolong
|
Penggolongan
|
|
Digolongkan
|
|
Pilah
|
Memilah
|
Pilahan
|
|
Memilahkan
|
|
|
Terpilahkan
|
|
|
Dipilah
|
|
|
Dipilahkan
|
|
|
Dipilah-pilah
|
|
|
|
|
Kelompok
|
Pengelompokkan
|
Pengelompokkan
|
|
Mengelompokkan
|
|
|
Terkelompok
|
|
|
Terkelompokkan
|
|
|
Dikelompok
|
|
|
Dikelompokkan
|
|
|
|
|
Jenis
|
Penjenisan
|
Penjenisan
|
|
Menjeniskan
|
|
|
Terjeniskan
|
|
|
Dijeniskan
|
|
|
|
|
Besar
|
Membesar
|
Besaran
|
|
Pembesaran
|
Pembesaran
|
|
Membesarkan
|
|
|
Terbesar
|
|
|
Dibesarkan
|
|
|
Dibesar-besarkan
|
|
|
|
|
Kecil
|
Mengecil
|
Pengecilan
|
|
Mengecilkan
|
|
|
Terkecil
|
|
|
Dikecilkan
|
|
|
Dikecil-kecilkan
|
|
|
|
|
Tumbuh
|
Penumbuhan
|
Tumbuhan
|
|
Menumbuhkan
|
Penumbuh
|
|
Menumbuhi
|
|
|
Tertumbuhkan
|
|
|
Tertumbuhi
|
|
|
Ditumbuhkan
|
|
|
Ditumbuhi
|
|
|
|
|
Sama
|
Samakan
|
Samakan
|
|
Menyamakan
|
Penyamaan
|
|
Menyamai
|
|
|
Tersamakan
|
|
|
Tersamai
|
|
|
Disamakan
|
|
|
Disamai
|
|
|
Disama-samakan
|
|
|
|
|
Berbeda
|
Pembedaan
|
Pembedaan
|
|
Membedakan
|
|
|
Membeda-bedakan
|
|
|
Terbedakan
|
|
|
Dibedakan
|
|
|
Dibeda-bedakan
|
|
|
|
|
Umum
|
Mengumumkan
|
Pengumuman
|
|
Terumumkan
|
|
|
Diumumkan
|
|
(6.) Identifikasikanlah konjungsi yang digunakan
dalam teks laporan yang telah kalian pelajari tadi. Misalnya konjungsi dan digunakan untuk menambahkan
sifat-sifat untuk anggota kelas yang sama, seperti terlihat pada kalimat (a.).
Sebaliknya, tetapi digunakan untuk
menyatakan perbedaan antara anggota kelas yang satu dengan anggota kelas yang
lain, seperti terlihat pada kalimat (b.).
(a.) Yang
pertama tumbuh sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.
(b.) Tumbuh-tumbuhan
tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah tetapi tumbuh-tumbuhan hidup.
Sekarang
buatlah kalimat dengan menggunakan konjungsi dan, tetapi, sementara itu, sedangkan, dan selanjutnya
yang lazim ditemukan pada teks laporan.
Jawab:
(a.) Komodo mempunyai kulit bersisik yang berwarna
abu-abu, moncong yang lancip, tungkai lengan yang kuat, dan ekor yang berotot.
(b.) Harimau
adalah hewan pemangsa dan pemakan
daging (Karnivora).
(c.) Harimau
termasuk hewan penyendiri tetapi mempunyai
wilayah yang amat luas untuk berburu mangsa.
(d.) Kakak
sedang membersihkan halaman sementara
itu adik membantunya dengan menyapu teras rumah.
(e.) Amrul
sedang mengerjakan tugas Bahasa Indonesia sedangkan
Rinda sedang mengerjakan tugas Biologi.
(f.)
Tugas Bahasa Indonesia sudah selesai
dikerjakan oleh Kakak. Selanjutnya kakak
mengerjakan tugas sekolah yang lain yaitu tugas Biologi.
Hal. 13-14
(7.) Setelah
kalian mengetahui perbedaan antara kalimat simpleks dan kalimat kompleks,
carilah contoh-contoh lain dari kedua jenis kalimat tersebut pada teks laporan
yang berjudul “ Makhluk di Bumi Ini” itu!
Kalimat simpleks yang terdapat dalam teks tersebut adalah sebagai
berikut:
Jawab:
(a.) Tumbuh-tumbuhan
tergolong ke dalam makhluk hidup.
(b.) Benda
di dunia dapat dikelompokkan atas
persamaan dan perbedaannya.
(c.) Benda
hidup dapat dikelompokkan lagi
menjadi bintang dan tumbuh-tumbuhan.
(d.) Tumbuh-tumbuhan
tidak dapat bergerak dari satu
tempat ketempat lain.
(e.) Benda
hidup juga membutuhkan makanan.
(f.)
Binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata.
Kalimat kompleks yang terdapat
dalam teks tersebut adalah sebagai berikut :
Jawab:
(a.) Selain
itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan
sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang.
(b.) Benda
hidup mempunyai ciri-ciri umum
seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai
keturunan.
(c.) Vertebrata
bertulang belakang meliputi manusia,
burung, anjing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak bertulang
belakang meliputi ubur-ubur,
kupu-kupu, dan laba-laba.
Hal. 14
Tugas 3
Mengamati Teks Laporan yang Ideal
Bacalah teks pendek yang
berjudul “Sistem Peredaran Darah Manusia” berikut ini. Teks ini dipilih untuk
melaporkan ciri makhluk hidup yang terdapat pada manusia. Untuk itu, kerjakan
tugas-tugas setelah teks!
Sambil kalian membaca teks, amati apakah teks ini
digolong ke dalam laporan yang ideal. Bekerja samalah dengan teman-teman kalian
dalam memutuskan apakah teks ini merupakan laporan yang ideal!
(1.) Pernahkah
kalian berpikir bahwa darah adalah unsur yang berperanan penting dalam tubuh
manusia?
Jawab: Tentu saja pernah
terpikirkan oleh kami bahwa darah adalah unsur yang berperan penting dalam
tubuh manusia.
(2.) Apa
hubungan antara darah dan jantung?
Jawab: Darah dan jantung saling
berhubungan yaitu jantung berfungsi memompa darah agar mengalir ke seluruh
bagian tubuh kita. Sementara darah berfungsi sebagai pengangkut oksigen dan
karbon dioksida maupun makanan.
(3.) Dapatkah
kalian menyebutkan nama-nama penyakit yang berhubungan dengan darah dan
jantung?
Jawab: Anemia, Hipotensi (tekanan
darah rendah), Hipertensi (tekanan darah tinggi), Leukimia, Varises, Ambeien
atau Hemoroid, dan Sklerosis.
(4.) Dengan
bantuan diagram, buatlah kalsifikasi tentang sistem peredaran darah manusia!
Jawab:
Klasifikasi
|
Sistem peredaran darah ada dua macam,
yaitu sistem peredaran darah tertutup dan
sistem peredaran darah ganda. Sistem
peredaran darah tertutup adalah peredaran
darah yang terjadi di dalam pembuluh, yaitu
dari jantung melalui pembuluh nadi – pembuluh
kapiler – pembuluh balik – kembali ke jantung.
Peredaran darah ganda atau rangkap adalah
peredaran darah yang terjadi melalui jantung
sebanyak dua kali. Peredaran darah ganda ada
dua macam yaitu sebagai berikut.
|
Aspek yang dilaporkan
|
Peredaran darah besar adalah peredaran
darah dari jantung ke seluruh tubuh
kembali ke jantung.
|
Aspek yang dilaporkan
|
Peredaran darah kecil adalah peredaran
darah yang berasal dari jantung ke paruparu
kembali ke jantung.
|
(5.) Pada
bagian berikut disajikan struktur teks laporan. Tulislah satu kalimat untuk
setiap tahap dan usahakan kalimat itu telah mencangkup semua isi pada tahap
yang dimaksud!
Jawab:
1.
Darah
berfungsi mengangkut oksigen dan sari makanan ke seluruh bagian tubuh.
2.
Darah
terdiri atas sel darah merah (eritrosit), plasma darah, dan keping darah.
3.
Sistem
peredaran darah manusia terdiri atas:
a.
jantung,
b.
pembuluh
darah arteri, dan
c.
pembuluh
darah vena.
4.
Jantung
berfungsi memompa darah untuk dialirkan menuju ke bagian tubuh lainnya.
5.
Pembuluh
darah arteri berfungsi mengangkut darah yang mengandung oksigen dan sari
makanan dari jantung ke bagian tubuh lainnya. Pembuluh darah vena berfungsi
mengangkut darah dari bagian tubuh lain menuju ke jantung.
6.
Tekanan
darah adalah tekanan yang terjadi saat jantung memompa darah yang akan
dialirkan ke tempat tertentu.
Sistem Peredaran Darah Manusia
Pernyataan Umum atau Klasifikasi:
Berdasarkan aliran darahnya,
pembuluh darah dibedakan
menjadi dua macam, yaitu pembuluh
nadi atau arteri
(pembuluh darah yang mengalirkan
darah dari jantung)
dan pembuluh balik atau vena
(pembuluh darah yang
mengalirkan darah menuju jantung).
Anggota/aspek yang
dilaporkan:
Baik pembuluh nadi maupun pembuluh
balik masing-masing memiliki cabang
terkecil yang disebut dengan
pembuluh kapiler. Dinding pembuluh nadi lebih tebal, kuat, dan elastis dibandingkan
dinding pembuluh balik. Pembuluh nadi harus kuat karena harus menahan tekanan
darah yang dipompa oleh jantung. Saat jantung berdenyut, maka pembuluh nadi pun
ikut berdenyut akibat tekanan darah yang terpompa. Jika kamu meraba pembuluh
nadi, kamu dapat merasakan denyut nadi tersebut. Salah satu tempat yang
denyutnya dapat kamu rasakan dengan mudah adalah pembuluh nadi yang berada di
dekat pergelangan tangan,
di
dekat tulang yang lurus dengan ibu jari.
Anggota/aspek yang dilaporkan:
Dari seluruh tubuh darah kembali ke
jantung melalui pembuluh balik (vena). Dinding pembuluh balik lebih tipis dibandingkan
dinding pembuluh nadi. Pembuluh balik besar ada dua macam, yaitu pembuluh
balik besar atas
(untuk mengembalikan darah dari
kepala dan tangan dan
pembuluh balik besar bawah untuk
mengembalikan darah.
|
(6.) Dapatkah kalian menjelaskan bahwa ketiga hal
yang merupakan unsur-unsur klasifikasi pada setiap tahap anggota/aspek yang
dilaporkan diperinci secara urut?
Jawab:
a.)
Darah:
Darah berfungsi mengangkut oksigen dan sari makanan ke seluruh bagian tubuh.
Darah terdiri atas sel darah merah (eritrosit), plasma darah, dan keping darah.
Eritrosit merupakan bagian darah yang memberi warna merah pada darah. Eritrosit
mengandung zat warna yang disebut hemoglobin. Plasma atau cairan darah.
Trombosit terdapat di dalam serum darah. Serum darah merupakan cairan berwarna
kuning yang diperoleh pada saat sel darah merah diendapkan, misalnya dengan
cara dipusingkan menggunakan alat yang disebut sentrifus. Plasma darah yang sudah tidak mengandung eritrosit
tersebut yang disebut serum darah. Cairan serum darah juga mengandung sel-sel
kekebalan tubuh atau sel imun dan protein-protein yang dihasilkan oleh sel-sel
imun.
b.)
Pembuluh: pembuluh darah dibedakan
menjadi dua macam, yaitu pembuluh nadi atau arteri (pembuluh darah yang
mengalirkan darah dari jantung) dan pembuluh balik atau vena (pembuluh darah
yang mengalirkan darah menuju jantung). Dinding pembuluh nadi lebih tebal,
kuat, dan elastis dibandingkan dinding pembuluh balik. Pembuluh nadi harus kuat
karena harus menahan tekanan darah yang dipompa oleh jantung. Dinding pembuluh
balik lebih tipis dibandingkan dinding pembuluh nadi. Pembuluh balik besar ada
dua macam, yaitu pembuluh balik besar atas untuk mengembalikan darah dari
kepala dan tangan dan pembuluh balik besar bawah untuk mengembalikan darah.
(7.) Jelaskan
bahwa jumlah tahap anggota/aspek yang dilaporkan bergantung pada jumlah aspek
yang akan diperinci yang pada akhirnya juga menentukan jumlah paragraf yang
digunakan untuk mewadahi aspek-aspek tersebut!
Jawab:
Jantung merupakan
pusat sistem peredaran darah manusia. Dari jantung, darah dialirkan keseluruh
tubuh melalui pembuluh darah arteri atau pembuluh nadi. Sedangkan darah yang
menuju ke jantung dibawa oleh pembuluh darah vena atau pembuluh darah balik.
Jadi, jantung berfungsi memompa darah agar mengalir ke seluruh bagian tubuh
kita.
(8.) Catatlah
bahwa pada teks laporan tidak terdapat semacam penutup yang simpulan atau
pandangan penulis teks terhadap pokok yang dikemukakan. Penulis teks hanya
melaporkan apa yang dilihat dan yang diketahui tentang sistem peredaran darah
itu. Itulah sebabnya teks seperti ini disebut laporan hasil observasi atau
laporan saja.
Jawab: Didalam teks sistem
peredaran darah manusia tidak terdapat penutup.
(9.) Cermati
bahwa pertisipan pada teks laporan adalah partisipan manusia atau benda umum,
misalnya darah dan jantung.
(10.)
Kalian
telah mengetahui bahwa kelompok kata peredaran
darah berhubungan secara
berjenjang dengan darah
, pembuluh darah, dan jantung. Hubungan itu adalah hubungan antara kelas dan
subkelas. Carilah contoh
lain yang menunjukan hubungan seperti itu. Berikut ini disajikan
sebagai diantaranya.
(a.)Darah mempunyai subkelas sebagai berikut:
Golongan A
Jawab:
Golongan B
Golongan AB
Golongan O
(b.)Pembuluh darah mempunyai
subkelas sebagai berikut :
Arteri.
Jawab:
Vena dan Kapiler.
(c.)... ... ... ... ... ... ... ...
Jawab: Didalam jantung terdapat bilik (ventrikel) yang terbagi dua
yaitu bilik kiri dan bilik kanan.
Jantung juga memiliki serambi (atrium) yang terbagi dua yaitu serambi kiri dan serambi kanan.
Hal. 17-23
Tugas 4
Memahami
Kalimat Definisi dalam Teks Laporan
Bacalah teks laporan
tentang harimau berikut ini. Setelah kalian membaca teks mengenai binatang ini,
kerjakan tugas yang menyertainya sesuai dengan petunjuk yang diberikan!
HARIMAU
(1.)
Buatlah
kalimat definisi, seperti yang kalian temukan pada tugas sebelumnya manusia adalah binatang yang dapat berpikir.perhatikan
bahwa dalam teks laporan banyak ditemukan kalimat definisi. Jika perlu, bacalah
teks “harimau”sekali lagi.
Teks laporan tentang harimau
tersebut dimulai dengan kalimat definisi tentang penggolongan tentang
klasifikasi. Kalimat definisi itu adalah sebagai berikut.
a.
Mamalia
adalah binatang yang menyusui.
b.
“Kucing besar” itu adalah hewan pemangsa dan
pemakan daging.
Kalimat (a) dan (b) itu dapat dirumuskan
menjadi X=Y dengan keterangan bahwa X adalah hewan atau benda yang
didefinisikan, Y adalah definisinya, dan tanda = adalah verba penghubung,
seperti adalah, ialah, termasuk,
digolongkan, terdiri atas, disebut, dan meliputi.
Perlu digaris bawahi bahwa X dan Y
berbobot sama atau setidak-tidaknya sepadan. Berbandingan itu disajikan pada
table berikut ini.
X
|
=
|
Y
|
Mamalia
“Kucing besar” itu
|
Adalah
Adalah
|
Binatang yang menyusui.
Hewan pemangsa dan pemakan daging.
|
Apabila definisi itu tidak dapat dibalik, hal itu menunjukkan
bahwa definisi itu tidak bagus atau unsure X dan Y tidak mempuunyai bobot yang
sama.Pada teks laporan definisi sering berkaitan dengan istilah
teknis,yaitu istilah yang hanya
digunakan secara khusus pada bidang tertentu. Sebagai contoh, mamalia adalah
sitilah teknis pada bidang biologi,inflasi adalah astilah teknis pada bidang
ekonomi . Dengan demikian,pada bidang biologi mamalia dapat didefinisikan
sebagai bintang menyusui. Pada bidang ekonomi,inflasi didefinisikan sebagai
keadaan bahwa terdapat lebih banyak barang daripada permintaan.
Sekarang buatlah definisi seperti contoh
tersebut. Kalian bebas memilih kata atau istilah yang akan didefinisikan.
Jawab:
a)
Jantung
adalah pusat sistem peredaran darah manusia.
b)
Jaringan
adalah sekelompok sel yang mempunyai struktur dan fungsi yang sama.
c)
Jaringan meristem adalah jaringan yang
terus-menerus membelah.
d)
Jaringan
dewasa adalah jaringan yang sudah berhenti membelah.
e)
Jaringan
utama penyusun tubuh tumbuhan adalah akar, batang, dan daun.
(2.) Tahukah kalian bahwa pada teks
laporan terkadung pula unsure deskrpisi? Kalimat deskripsi adalah kalimat yang
dapat berisi gambaran sifat-sifat benda yang dideskripsikan . Sifat-sifat
itu,antara lain,berupa ukuran ( besar-kecil,tinggi-rendah), warna
(merah,kuning,biru),rasa ( manis, pahit, getir, halus,kasar), atau sifat-sifat
yang lain. Pada teks laporan tersebut juga terdapat kalimat-kalimat yang berisi
deskripsi tentang bintang. Contoh (c) berikut tidak diambil dari teks tersebut.
a)
Harimau
dapat mencapai tinggi 1,5 meter,panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram.
b) Bulunya berwarna putih dan coklat
keemasan dengan belang atau loreng bewarna hitam.
c)
Kuda
mempunyai ekor sepanjang satu meter.
Pola kalimat deskripsi hampir sama dengan pola kalimat definisi.
Perbedaannya adalah kalimat deskripsi tidak dapat dibalik seperti kalimat
definisi. Kalimat deskripsi berisi gembaran sifat-sifat yang dimiliki oleh
benda yang dideskrpsikan.
Buatlah kalimat deskripsi lain!
Jawab:
a) Sarcoshucus memiliki panjang 50 kaki dengan berat 8-10 ton.
b) Paus biru mempunyai panjang 100 kaki.
c) Hiu purba memikili ukuran terkecil sekitar 6 meter.
d) Liopleurodon memiliki gigi sepanjang 30cm.
e) Argentinosaurus memiliki panjang 45 meter dan berat 95 ton.
(3.)
Dapatkah kalian menjelaskan bahwa pemangsa, daging, rumput, payau, dan bakau berfungsi sebagai penjenis?
Bandingkan kata yang ada di
kolom penjenis dengan kata yang ada di kolom pendeskripsi!
Benda
|
Penjenis
|
Pendeskripsi
|
Hewan
|
Pemangsa
|
Ganas
|
Hewan
|
Sapi
|
Gemuk/kurus
|
Pemakan
|
Daging
|
Harimau
|
Pemakan
|
Rumput
|
Kambing
|
Pemakan
|
Daging
|
Rakus
|
Padang
|
Rumput
|
Hijau
|
Padang
|
Gurun
|
Luas
|
Daerah
|
Payau
|
Basah
|
Daerah
|
Gurun
|
Gersang
|
Hutan
|
Bakau
|
Sejuk
|
Hutan
|
Jati
|
Rindang
|
Buku
|
Orang
Dewasa
|
Berbahaya
|
Buku
|
Tulis
|
Bermanfaat
|
Buku
|
Biologi
|
Bermanfaat
|
Buku
|
Tulis
|
Tipis/tebal
|
Lingkungan
|
Petani
|
Sawah
|
Lingkungan
|
Taman
|
Bersih
|
Kata-kata di dalam kolom penjenis berfungsi berbeda dengan
kata-kata did ala kolom pendeskripsi meskipun keduanya merupakan kata-kata
penjelas. Jadi,ada penjelas yang berperan mengklasifikasikan benda (penjenis)
yang diikuti dan ada penjelas yang berperan mendeskripsikan benda yang dimaksud
(pendeskripsi).
Perhatikan contoh-contoh
pada tebel tersebut. Ternyata gabungan benad dan kata penjenis pada kelompok
nomina, misalnya pemakan rumput tidak
bisa disisipi oleh kata apapun. Kedua kata itu harus saling berdekatan. Sebaliknya,
gabungan kata benda dan kata pendeskripsi dapat disisipi, misalnya dengan kata
penyangat, seperti sangat atau terlalu dan kata pewatas seperti yang.
Buatlah kalimat yang di dalamnya terdapat kelompok nomina dengan
penjenis dan kelompok nomina dengan pendekripsi. Cocokkan pekerjaan kalian
dengan contoh-contoh table diatas.
Kelompok nomina dengan penjenis :
a.)
Hewan
adalah makhluk hidup atau benda hidup.
b.)
Pensil
adalah benda mati.
c.)
Kelinci
adalah binatang herbivora.
d.)
Komodo
adalah binatang karnivora.
e.)
Kekeringan
adalah keadaan kekurangan air.
Kelompok nomina dengan pendeskripsi:
a.)
Hewan
adalah makhluk hidup karena bisa bergerak, bernapas, tumbuh, memerlukan
makanan, dan mempunyai keturunan.
b.)
Pensil
adalah benda mati karena tidak bisa bergerak, tidak bisa bernapas, tidak bisa
tumbuh, tidak memerlukan makanan,dan tidak bisa mempunyai keturunan.
c.)
Kelinci
merupakan binatang pemakan tumbuh-tumbuhan atau herbivora.
d.)
Komodo
merupakan salah satu binatang melata besar yang memakan daging atau karnivora.
e.)
Kekeringan
merupakan suatu keadaan dimana sebuah tempat kekurangan air yang sangat ekstrem
dalam waktu lama.
Comments