Fisika 10: Keuntungan dan Kerugian Pemuaian Zat dalam Kehidupan

Keuntunganya banyak alat terselamatkan,sebagai pengaman,pemutus arus listrik secara automatis. Contoh: Sikring dirumah kalau ada korslting sikring akan turun, karena ada muatan panas berlebihan, maka akan mendorong tuas off. Pengatur suhu, dia akan off jika suhu yg diminta sudah terpenuhi.

Kerugiannya: Pemasangan kabel-kabel listrik atau telepon selalu menggelantung tidak tegang, karena menjaga pemuaian kalau siang hari atau panas,sehingga terjadi pemborosan pemakaian.

Keuntungan pemuaian pada logam dipakai sebagai alat dengan sistem bimetal yaitu 2 logam yang mempunyai koefisien muai panjang yang berbeda diletakkan berdekatan.

Alat yang memakai sistem bimetal contohnya : 
-       Thermo couple / termometer dengan jarum penunjuk angka.
-       Alat pengaman arus listrik atau sekering.
-       Alat pemutus arus listrik, pemutus arus listrik yang biasa dipakai pada rice cooker,
seterika, oven dll.

Keuntungan lain pemuaian adalah dipakai pada suatu sistem suaian, suaian yang memakai sistem ini yaitu suaian paksa atau transition fit, dipakai dalam dunia teknik mesin contohnya :pemasangan shell baja pada core baja pada roll aluminiun continuous caster.

Diameter dalam shell baja lebih kecil dari diameter core baja, sehingga untuk memasukkanya shell baja dipanaskan terlebih dahulu agar rmemuai dan diameter dalam shell menjadi lebih besar dari diameter luar core, sehingga shell bisa masuk ke core nya . Setelah didinginkan terjadi penyusutan, karena diamater shell lebih kecil maka shell tersebut tidak bisa lepas lagi.

Kerugiannya :
Pada konstruksi sambungan rel kereta api menyebabkan rel bengkok. harus ada celah agar kalau terjadi pemuaian rel tidak bengkok, demikian juga pada konstruksi sambungan jembatan beton akan menyebabkan keretakan, harus ada celah antar sambungan.

Pada dunia otomotif pemuaian dapat menyebakan clearance atau kelonggaran antar bagian mesin jadi menyempit, mesin jadi panas, diperlukan pendingin mesin atau radiator yang baik dan kualitas oli pelumas yang baik atau jenis multi grade.

Keuntungan : kita bisa menghemat pemakaian bahan. Contoh : rel kereta api. Dengan adanya pemuaian, kita bisa menghemat baja untuk rel kereta.

Kerugian : Kita mesti menyediakan ruangan untuk benda tersebut memuai.
Contoh : Ram atau jendela yang terbuat dari besi, kita mesti sediakan celah agar apabila memuai, besi itu tidak bengkok atau merusak listrik.

Keuntungan:
a.        Untuk menjaga agar kaca yang dibingkai pada toko-toko tidak pecah.

b.      Pada rel kereta api agar relnya tidak mencuat karena kepanasan.
Kerugian: bahan yang digunakan banyak, kurang efisien, memerlukan dana tambahan, memerlukan perhitungan

Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Indonesia 10 (K13) : Jawaban Pelajaran II

Bahasa Indonesia 12 K13 : Jawaban Tugas 1 hal. 8-10 Kelompok 6 (XII A 1)

Bahasa Indonesia Kelas 10 (K13) : Jawaban Kegiatan 1